background img
bank bjb
Kabupaten Garut optimis meraih penghargaan Swasti Saba Wistara

Kabupaten Garut optimis meraih penghargaan Swasti Saba Wistara

GARUT, -- Kabupaten Garut optimis meraih penghargaan Swasti Saba Wistara sebagai penghargaan level tertinggi dari Kemenkes Program Kabupaten/Kota Sehat. Dari tatanan yang jadi indikator penilaian, Garut akan mengikuti lima tatanan, yaitu Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Kawasan Pariwisa Sehat, Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, dan Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi.

Bentuk keseriusan Kabupaten Garut diwujudkan dalam sinergitas antar lini. Seperti pada pertemuan di Aula Bappeda Kabupaten Garut, Jumat (2/8/2019), mulai dari jajaran Pemkab Garut, para pengurus PKK Kabupaten Garut, Forum Garut Sehat, unsur kecamatan dan desa, tengah mengevaluasi hasil monitoring di 10 kecamatan yang jadi objek pemantauan penilaian.

Sekretaris Forum Garut Sehat, Zakky Resmana Saleh, mengungkapkan, kebersamaan antara pemerintah swasta dan masyarakat untuk saling membahu dalam menciptakan kondisi tatanan sehat, maka Swasti Saba Wistara optimis akan diraih dan jadi gengsi bagi Kabupaten Garut. Meski demikian ia mengingatkan semua tatanan ini dipersiapkan dengan matang karena merupakan penghargaan tinggi dalam penilaian Kabupaten Sehat setelah sebelumnya meraih Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda.

"Saya mengimbau kepada para pengurus forum kecamatan sehat di 10 kecamatan titik pantau untuk melengkapi arsip administrasi, seperti absensi rapat, foto dokumentasi kegitan, notulen rapat, hingga papan sekretariat," katanya. Zakky juga mengharapkan para camat bisa bersinergi dengan pengurus forum di kecamatan.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, intuk mencapai level yang lebih tinggi dibutuhkan sinergitas semua komponen, mulai dari society (masyarakat), private sector (swasta) dan state (pemerintah). Maka pada rapat evaluasi tahap pertama ini pihaknya ingin mengetahui serta menginventarisasi kekurangan di lapangan, sehingga bisa diantisipasi sedini mungkin.

"Di sela-sela menghadapi pesta kemerdekaan RI kami akan terus memantau, sehingga target Swasti Saba Wistara dapat diraih," ujar Didit saat memimpin rapat.

Kabupaten Garut mejadi salah satu dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang lolos Verifikasi Bedah Dokumen. Sebanyak 16 kabupaten/kota diantaranya adalah Kabupaten Garut, sedangkan 11 kabupaten/kota tidak lolos.(spn/grt).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS