background img
bank bjb
Cibeureum Kulon Peringati Milangkala Desa

warga Cibeureum Kulon Peringati Milangkala Desa dengan Ziarah ke Makam Mbah Beureum

Cibeureum Kulon Peringati Milangkala Desa

SUMEDANG, - Pemerintah Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan cimalaka bersama BPD, unsur Lembaga Kemasyarakan Desa, tokoh masyarakat melaksanakan ziarah kubur ke Makam Mbah Beureum. Ziarah ini merupakan agenda tahunan desa yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 4 Agustus setiap tahunnya untuk memperingati hari jadi Desa Cibeureum Kulon.

Kegiatan diawali dengan doa bersama, pemaparan sejarah desa dan kidung desa di GOR Desa Cibeureum Kulon. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT rangkaian kegiatan milangkala ke-37 Desa Cibeureum Kulon ditutup dengan acara siraman rohani di Masjid Jami Al-Kautsar Desa Cibeureum Kulon, Senin, (5/8).

Nama Desa Cibeureum diambil dari nama seorang leluhur yang bernama Mbah Beureum alias Mbah Raksabaya.

versi lain menurut catatan Lies Ganesti, nama Cibeureum merupakan nama sebuah kampung. Pemberian nama Cibeureum dikaitkan dengan perjalanan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda.

Ketika penjajah Belanda sampai ke wilayah Cimalaka, pejuang Indonesia yang berada di wilayah ini tidak mau mundur. Mereka melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda walaupun kalah dalam hal persenjataannya. Dibantu penduduk setempat mereka mempertahankan wilayah ini.

Belanda melalukan serangnya dari sekitaran sungai yang berada di wilayah ini. Saat terjadi kontak senjata banyak yang gugur, darah mengalir di dekat sungai sehingga airnya menjadi merah, beureum ku geutih.

Dari peristiwa inilah, kemudian kampung yang berada di sekitaran tempat kejadian diberi nama Cibeureum.(spn/hms).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS