background img
bank bjb
Menyelusuri Situs Gunung Padang di Kabupaten Sumedang

Menyelusuri Situs Gunung Padang di Kabupaten Sumedang

SUMEDANG -  Terbukanya akses jalan baru menuju salah satu patilasan situs Gunung Padang di Dusun Cikarut, Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja akan membuat situs tersebut banyak dikunjungi peziarah.

Situs Gunung Padang tersebut bisa menjadi salah satu wisata religi di wilayah Sumedang. "Para peziarah baik dari wilayah Sumedang maupun luar Sumedang akan datang ke Gunung Padang," ujar Cecep Somantri, tokoh warga setempat, Selasa (3/9/2019).

Akses jalan yang dibuka sekitar 250 meter. Kemudian dibangun pula 47 anak tangga menuju situs tersebut.  "Akses jalan memang menjadi faktor utama untuk mewujudkan lokasi mudah dikunjungi. Dengan demikian akan menambah nilai daya tarik," katanya.

Dikatakan, sebenarnya lokasi tersebut dari dulu sudah punya potensi besar untuk dijadikan tempat wisata religi, namun akses jalan jadi hambatannya.  "Dengan adanya jalan ini, maka destinasi wisata yang terpendam itu akan muncul, tinggal menunggu waktu saja," katanya.

Menurutnya, wilayah tersebut punya potensi jadi tempat wisata yang bisa menjual nilai sejarah dan keindahan alam.  Diharapkan, lokasi itu bisa benar-benar dipelihara dan sesuai diharapkan masyarakat.  Untuk ke depannya diharapkan dilokasi situsnya juga akan dilakukan penataan dan dilengkapi oleh sarana penunjang lainnya. (spn/hms)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4