background img
bank bjb
Kearifan Lokal di Jatinunggal Wujudkan Sumedang Simpati

Kearifan Lokal di Jatinunggal Wujudkan Sumedang Simpati

SUMEDANG, - Camat Jatinuggal Edi Wahyu mengatakan bangga kepada masyarakat yang mau menggerakan seni dan budaya tradisional. Seni tradisional setidaknya akan mampu memfilter budaya-budaya asing yang gencar masuk ke daerah termasuk paham radikalisme.

Lebih jauhnya, kata dia, penguatan kearifan lokal tentunya bisa mewujudkan Sumedang Simpati. Mudah-mudahan Kecamatan Jatinunggal jadi pilot projek penerapan seni dan budaya tradisional dalam mewujudkan keselarasan sosial.

"Cakupan keselarasan sosial itu luas. Salah satunya bagaimana seni dan budaya tradisional bisa jadi filter terhadap perilaku negatif," kata Edi, Kamis (12/9/2019).

Ia mengatakan, dengan banyaknya dukungan untuk penguatan kearifan lokal akan membantu masyarakat memahami dan menjauhkan diri dari pengaruh paham-paham diluar kebiasaan masyarakat.

Pjs Kades Sarimekar, Cicim menyatakan, masyarakat di wilayahnya masih memelihara budaya kearifan lokal. Perilaku gotong royong, ramah pada tamu dan sikap santun masih terpelihara dengan baik.

"Nilai seni dan budaya yang begitu tinggi bisa diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Seperti kebersamaan dan solidaritas yang terus dipupuk sampai sekarang,” kata Cicim usai menerima bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Jabar berupa seperangkat gamelan pakaian adat sunda.(spn/hms).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4