background img
bank bjb
Ribuan Warga Brebes Nyaksikan Gelaran Seni dan Budaya Sampan 2019

Ribuan Warga Brebes Nyaksikan Gelaran Seni dan Budaya Sampan 2019

BREBES - Ribuan warga Kabupaten Brebes tumplek blek menyaksikan gelaran seni dan budaya yang bertajuk Sapta Mitra Pantura (Sampan) 2019, di Alun-alun Brebes, Jumat (20/9) malam.

Pembukaan Sampan yang diikuti 7 kabupaten/kota wilayah pantura Jawa Tengah tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyati SE MH.

Gelaran Seni Budaya tersebut mengusung tema Amazing Culture Of West Pantura Collaboration In Harmony. Event dua tahunan itu tidak hanya menampilkan seni dan budaya, tapi juga memamerkan produk unggulan asal masing-masing daerah.

"Alhamdulillah, Kabupaten Brebes menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sampan 2019, menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan kita semuanya," ucap Idza saat membuka Sampan.

Idza menjelaskan bahwa Sampan ini, sebagai sarana untuk memperkenalkan serta mempromosikan seluruh potensi daerah, baik melalui pendekatan regional, marketing, yang merangkap sektor perdagangan dan pariwisata.

"Ada tujuh gelaran seni budaya yang ditampilkan oleh daerah masing-masing, termasuk pameran produk unggulannya. Melalui kegiatan seperti ini, dapat memajukan seni budaya sekaligus bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Brebes," tambah Idza.

Tujuh kabupaten/kota tersebut, kata Idza, diantaranya Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, serta Kabupaten Batang.

"Semoga suasana yang seperti ini,.akan menjadi semangat kita untuk membangun daerah tercinta dan juga membangun kabupaten/kota se eks Karesidenan Pekalongan," pungkas Idza.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes Diding Setadi mengatakan, Sampan merupakan ajang untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan kesenian dan budaya, serta bentuk pelestarian kebudayaan tradsional.

"Kegiatan ini, dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan bergilir di setiap kabupaten/kota," ucap Diding.

Diding melaporkan, ada 40 stand pameran perwakilan tiap daerah. Hadirnya stand pameran sebagai pengenalan juga promosi produk lokal kepada masyarakat dan pengunjung.

"Hasil dari Sampan 2019 ini, semoga dapat meningkatkan dan mengembangkan, baik budaya tradisonal maupun produk lokal," harap Diding.

Dalam kesempatan ini, juga diumumkan penampilan terbaik dari seni budaya tersebut. Masing-masing juara mendapatkan piala dan uang pembinaan, dari Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng selaku penyelenggara Sampan.

Juara 1 diraih Kota Pekalongan, juara 2 Kota Tegal, juara 3 Kabupaten Batang. Harapan 1 Kabupaten Pekalongan, harapan 2 Kabupaten Tegal, harapan 3 Kabupaten Pemalang, serta juara favorit Kabupaten Brebes.

Turut hadir, perwakilan Pemprov Kepala Dinas PORAPAR Prov Jateng Sinung N Rachmadi, Kapolres Brebes diwakili oleh Waka Polres Brebes M. Faisal Perdana, Dandim 0713/Brebes diwakili oleh Kasdim 0713 Brebes Edwin Samma Baratiku, Sekda Brebes Djoko Gunawan, beserta kepala SKPD, Perwakilan peserta Sampan, camat dan kepala desa serta se Kabupaten Brebes, serta guru SD dan SMP se Kabupaten Brebes. (hid/was)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4