background img
bank bjb
Festival Dan Lomba Burung Kicau Bupati Dan Kajari CUP Di Gelar

Festival Dan Lomba Burung Kicau Bupati Dan Kajari CUP Di Gelar

BREBES - Ronggolawe Nusantara DPW Jawa Tengah menggelar Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati dan Kajari Brebes Cup. Lomba diikuti 800 kicau mania dari berbagai daerah, bertempat di lapangan gantangan Brebes Birds Club (BBC) Komplek GOR Sasana Krida Adhi Karsa Brebes, Minggu (1/12).

Penggantangan pertama dalam lomba kelas Burung Branjangan oleh Kajari Brebes didampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH beserta suami Drs Warsidin MH, kepala Dinas Perwaskim Sutaryono serta para kepala OPD lainnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dalam sambutan pembukaan mengapresiasi seluruh jajaran panitia atas pelaksanaan kegiatan lomba. “Saya bangga, karena lomba ini disuport langsung Kejaksaan Negeri Brebes,”  tuturnya.

Hobi ini, lanjutnya, hendaknya bisa disalurkan untuk menambah kasih sayang kepada burung. Juga bisa menjalin silaturahmi para penggemar burung berkicau dari berbagai daerah. Idza berharap juga untuk menanam pohon sehingga ekosistem burung bisa lebih berkembang biak. Burung sangat suka sekali dengan rerimbunan, keteduhan, penghijauan.

Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Edi Hartoyo SH MH menuturkan, pesatnya pertumbuhan pecinta burung kicau melalui sarana lomba bisa menjalin persaudaraan dan menambah tali silaturahmi antar penggemar. “Kegiatan ini bisa berdampak positif. Selain bisa menyalurkan hobi sekaligus juga lebih mendekatkan hubungan masyarakat dengan pemerintah daerah,” kata Edi.

Kegiatan semacam itu perlu rutin diadakan, karena dapat menumbuhkan citra positif di kalanganan remaja, khususnya pencinta burung kicau. ’’ Apalagi peminat burung kicau saat ini sangat banyak. Bahkan, ada juga dari kota besar yang sengaja datang untuk mengikuti perlombaan ini,’’ imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Sutaryono mengatakan, ratusan peserta lomba burung kicau itu tidak hanya berasal dari Kabupaten Brebes, tetapi ada juga dari Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Tegal dan beberapa kota lain di Jateng dan Jatim.

Sedangkan untuk jenis burung kicau yang dilombakan sebanyak 27 kelas, diantaranya jenis murai batu, kacer, anis merah, cucak ijo, branjangan, love bird, Kolibri ninja, pleci, kenari dan lain-lain.

“Para pencinta burung kicau saat ini tumbuh pesat, termasuk di Kabupaten Brebes. Melalui kegiatan tersebut selain sebagai ajang menyalurkan hobi, kegiatan itu juga baik untuk meningkatkan kekompakan sesama pecinta burung kicau. Peserta juga bisa bertukar pikiran dalam merawat dan menjaga burung peliharaan mereka,’’ terangnya.

Dalam kesempatan ini, para pemenang dari masing-masing kategori selain mendapat piala dan uang pembinaan juga mendapat piagam serta sertifikat.(hid/sup).

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor