background img
bank bjb 1
Tari Umbul Akan Menjadi Daya Tarik Wisata Kabupaten Sumedang

Tari Umbul Akan Menjadi Daya Tarik Wisata Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, – Penanggung jawab Acara Kolosal Tari Umbul Edah Jubaedah mengatakan tari umbul yang semula merupakan tari tradisi dari Paseh kemudian berkembang di Situraja akan diubah menjadi tari kreasi dalam penampilan Tari Kolosal Tari Umbul, akhir tahun nanti di Jatigede. Pengubahan ini ditujukan agar penampilan tari umbul menjadi sebuah tontonan menghibur dan menjadi daya tarik wisata di Sumedang.

“Jadi dalam penampilannya nanti kami mengubah tari umbul ini dari tradisi menjadi kreasi yang ditujukan sebagai hiburan dan daya tarik wisata,” kata Edah yang juag seorang budayaan dan sejarahwan, Kamis (19/12/2019).

Menurut Edah, pengubahan tarian tradisi menjadi tari kreasi ini dilakukan oleh para penari yang sudah  ahli. Penari-penari ini juga dipilih sebagai instruktur tari umbul dalam Tari Kolosal Tari Umbul nanti.

Tari umbul adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari Paseh kemudian berkembang di Situraja.

Dari Paseh, tarian ini memang muncul dari Indramayu, namun dilihat dari karakteristik tarian, tidak ada gerakan yang bercirikhaskan pantura, melainkan lebih banyak ciri khas kesundaannya. Itulah sebabnya tarian ini dikembangkan di Situraja dan digebyarkan oleh pemerintahan di Sumedang kini.

Sedangkan pengubahan menjadi tari kreasi karena pada awalnya tarian ini menjadi tradisi

Dalam sebuah pertunjukan pembukaan reog. Penari akan bergoyang yang diutamakan di daerah pinggul. Penari yang indah kemudian akan diberikan kain selendang atau karembong oleh penonton.

Tradisi inilah yang diubah menjadi kreasi yaitu pertunjukan tari sebagai penampilan daya tarik pariwisata dengan memadukan gerakan tarian tradisi menjadi kreasi.(spn/smd).


Berita Lainnya
PDAM bdg Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN