background img
bank bjb
Tiap Kamis, ASN Pemkot Tegal Kenakan Pakaian Adat

Tiap Kamis, ASN Pemkot Tegal Kenakan Pakaian Adat

TEGAL - Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, mulai menggunakan pakaian Adat Tegal, setiap hari Kamis Minggu pertama, kedua dan ketiga di setiap bulannya.

Kamis (9/1) merupakan hari pertama ASN Pemkot Tegal mengenakan baju Adat Tegal dan bahasa Tegal dalam berdinas.  

Penggunaan pakaian Adat/Tradisional dan Bahasa Tegal di Lingkungan Pemkot Tegal tersebut termaktub dalam Surat Edaran (SE) Walikota Tegal, Nomor 065.5/001 tanggal 31 Desember 2019 dan berlaku mulai 2 Januari 2020.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan, bahwa ASN di lingkungan Pemkot Tegal diwajibkan menggunakan pakaian adat dan bahasa Tegal setiap hari Kamis minggu kesatu sampai dengan minggu ketiga. Sementara minggu keempat menggunakan pakaian Adat Nasional.

“Kita telah sepakat dengan seluruh jajaran Pemerintah Kota Tegal, dan juga DPRD, bahwa untuk setiap hari Kamis kita menggunakan Baju Adat Tegal dan bahasa Tegal” ujar Wali Kota.

Menurutnya jika masih ada ASN yang mulai tahun 2020 belum menggunakan pakaian Adat Tegal, Ia memerintahkan kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tegal akan ada ada Teguran.

Selain itu Wali Kota Juga menyampaikan bahwa di setiap hari Kamis, pada kegiatan rapat mupun upacara yang dilaksanakan pada hari Kamis dan dilaksanakan di Kota Tegal harus menggunakan bahasa Tegal.

Penggunaan pakaian adat/tradisional tersebut berlaku untuk semua perangkat daerah, kecuali Satpol PP, Dishub yang melaksanakan tugas operasional dan Petugas penguji kendaraan bermotor.

Dalam SE tersebut, kebijakan menggunakan pakaian adat dan bahasa Tegal dalam rangka memelihara dan menjaga rasa nasionalisme serta semangat Bhinneka Tunggal Ika, maka perlu diimplementasikan melalui penggunaan pakaian adat/tradisional dan Bahasa Tegal di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.(hid/tom).

Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Hut pemda 32 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi