background img
bank bjb
Ribuan Warga Brebes Saksikan Kirab Budaya Hari Jadi Ke-342 Brebe

Ribuan Warga Brebes Saksikan Kirab Budaya Hari Jadi Ke-342 Brebe

BREBES - Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang jalur pantura Brebes, mereka menyaksikan Kirab Budaya, bukti kemuliaan Brebes dari sisi kesenian dan kebudayaan yang adiluhung.  Kirab Budaya dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-342 Kabupaten Brebes tersebut mengambil Start dari halaman Gedung DPRD Kabupaten Brebes dan finish Alun-alun Brebes, Sabtu (18/1).

Tumpah ruah warga terlihat di sejumlah  sepanjang jalan yang dilalui rute kirab.  Yakni di depan Gedung DPRD Brebes, sepanjang Jalan Gajah Mada hingga Jalan Jenderal Sudirman, jalan Tritura, jalan Slamet hingga alun alun alun. Mereka sengaja datang dari berbagai daerah dan kalangan, mulai dari orang tua hingga anak-anak.

Rombongan kirab diawali Pasukan Pembawa Bendera Merah Putih, Pasukan  Drumband dan iring-iringan kereta kencana yang ditumpangi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH beserta suami Drs H Warsidin MH, serta Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, beserta istri Sri Legiastuti Narjo. Kemudian rombongan anggota Forkopimda beserta istri, Kepala SKPD se-Kabupaten Brebes, camat se-Kabupaten Brebes, Pimpinan BUMN dan BUMD.

Selanjutnya iring-iringan disusul oleh rombongan kesenian dari 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes yang menampilkan berbagai atraksi dan seni budaya. Di antaranya tarian khas Brebes seperti Sintren, kirab hasil bumi, hingga penampilan kostum batik carnival.

Tak ketinggalan, penampilan marching band dari berbagai sekolah hingga penampilan dari BUMD dan BUMN, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.

Kirab digelar setelah pelaksanaan rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Brebes.

Di depan anggota Dewan,  Bupati minta dukungan dewan dan masyarakat luas terutama dengan adanya loncatan pembangunan Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). Pasa hakekatnya, program Pemkab ke depan adalah upaya menyejahterakan masyarakat.

Hadirnya KIB dan KPIB akan didukung dengan normalisasi sejumlah waduk, seperti Waduk Malahayu dan Waduk Penjalin. "Dan juga akan segera dibangun Bendungan Karet di 4 sungai yakni Cisanggarung, Kabuyutan, Babakan dan Pemali,"  ucap Idza Priyanti.

Selain itu, akan membangun Politeknik Vokasi dan BLK untuk mendukung kawasan industri dan lain-lain. "Mudah-mudahan dengan kemajuan pembangunan itu, Brebes ke depan akan semakin mulya, amin," pungkasnya.(hid/sup).



Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor