background img
bank bjb 1
Mancing Bareng Bupati Idza Menutup Serangkaian Giat Hari Jadi Ke-342 Brebes

Mancing Bareng Bupati Idza Menutup Serangkaian Giat Hari Jadi Ke-342 Brebes

BREBES - Bupati Brebes H Idza Priyanti SE MH mancing bareng ratusan peserta dari berbagai daerah, dia tampak menikmati menunggu joran yang dilempar ke kolam ikan. Tak lama, umpan disambar Lele, disambut sorak sorai peserta untuk menariknya.

Keseruan tersebut, merupakan rangkaian akhir peringatan Hari Jadi ke- 342 Kabupaten Brebes. Pemkab Brebes menggelar Mancing Bareng Bupati di Balai Benih Ikan (BBI) Malahayu Kecamatan Banjarharjo, Sabtu (29/2).

"Tadi saya baru melempar joran sekitar tiga menit, langsung dapat Lele. Peserta yang lain juga banyak yang dapat, ini memang sengaja pihak panitia sudah menaruh ikan di kolam," ucap Idza dengan senyum ceria.

Idza mengatakan, kegiatan ini, salah satu upaya pengenalan budidaya air tawar di Kabupaten Brebes yang memiliki potensi besar. Karenanya, pengembangan harus didukung area yang cukup luas dan ketersediaan air. Khususnya di wilayah tengah dan wilayah selatan.

"Dari data Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, tercatat sebanyak 2.915 orang pembudidaya air tawar, dengan luas lahan budidaya 54,16 hektar tersebar di Wilayah Kabupaten Brebes dengan komoditas Lele, Nila dan Gurame," terang Idza.

Dilanjutkan Idza, produksi perikanan budidaya air tawar 2.582 ton pada 2019 telah meningkatkan pendapatan pembudidaya air tawar menjadi Rp 16.168.000,- perkapita pertahun.

"BBI Malahayu ini, memiliki kapasitas pengembangan dan penyediaan benih ikan, dengan luas sekitar 4 hektar. BBI Malahayu sudah memiliki 10 kolam beton, 7 bak fiber dan 4 kolam etalase. Pada 2020 BBI Malahayu ditargetkan dapat memproduksi 1.200.000 ekor benih Lele dan 1.980.000 ekor benih Nila untuk memenuhi kebutuhan benih ikan di Kabupaten Brebes," tambahnya.

Kata Idza, BBI Malahayu selain memenuhi ketersediaan benih ikan juga mendukung program pemerintah Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN). Dia berharap, hal tersebut dapat meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Brebes. Sehingga asupan gizi masyarakat terpenuhi dan terhindar dari stunting.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Muhroyati melaporkan ada 230 peserta terdaftar, dari yang ditargetkan 300 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tegal, Pemalang dan Kendal, termasuk Kabupaten Brebes.

"Kita sediakan 3 kolam untuk lokasi lomba, dengan luas sekitar 800 meter, dan ikan Lele sebanyak 1 kuintal di masing-masing kolam," ungkap Yati.

Untuk kriteria pemenang, kata Yati, yaitu jumlah ikan terberat dan terbanyak. Hadiahnya berupa uang tunai Rp 3 juta untuk juara pertama, Rp 2 juta untuk juara kedua, dan Rp 1 juta untuk juara ketiga. Selain itu, ada doorprize menarik lainnya.

Lomba dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan diakhiri pukul 11.00 WIB. Setelah dilakukan penilaian panitia, pemenang lomba mancing diantaranya juara satu Anto dari Cikakak bobot ikan 4,82 Kg, juara dua Farid dari Banjarharjo bobot ikan 4,42 Kg, dan juara tiga Asef dari Bumiayu bobot ikan 4,34 Kg.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan Launching Pasar Ikan Konsumsi Segar oleh Bupati Brebes. Rencananya setiap Sabtu dan Minggu di BBI Malahayu akan menyediakan ikan konsumsi segar untuk masyarakat di Kecamatan Banjarharjo dan sekitarnya.(hid/hum).

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN