background img
bank bjb
Kamu Wajib Tau!!! Tips Cerdas Membeli Oleh-oleh Saat Liburan

Gambar: Dok Net.

Referensi baik untuk Keluarga

Kamu Wajib Tau!!! Tips Cerdas Membeli Oleh-oleh Saat Liburan

KETIKA bepergian ke luar kota atau luar negeri, pasti Anda akan menyisihkan waktu untuk berburu oleh-oleh yang nantinya akan diberikan pada orang terdekat saat kembali. Baik untuk keluarga, teman hingga teman bekerja yang ada di kantor. Hanya saja, beberapa orang masih cukup bingung dalam memilih oleh-oleh untuk dibawa pulang. Entah itu oleh-oleh berbentuk benda, pajangan, makanan atau berbagai koleksi unik lainnya. Nah sebagai informasi tambahan, berikut ini kami rangkum beberapa tips cerdas membeli oleh-oleh saat liburan.
 
Persiapkan Dana
 
Membeli oleh-oleh bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak bisa sembarangan memilih oleh-oleh yang akan diberikan untuk orang-orang terdekat. Salah satu hal terpenting yang harus diingat ialah oleh-oleh harus benda khas dari tempat liburan Anda. Sangat aneh rasanya jika Anda membeli Tape saat liburan ke Bandung atau membeli oleh-oleh Bakpia saat traveling ke Bali. Untuk mendapatkan oleh-oleh yang tepat sudah pasti Anda harus mempersiapkan dana. Jangan memaksakan diri membeli oleh-oleh mahal disaat budget tidak mendukungnya.
 
 
Alangkah baiknya jika Anda menyesuaikan harga oleh-oleh dengan kondisi budget yang tersedia. Selain itu, jangan lupa menghitung berapa orang yang nantinya akan diberikan oleh-oleh. Pilihlah jenis oleh-oleh yang sekiranya bisa diterima semua orang, baik keluarga, pasangan maupun teman-teman Anda. Misal, Anda bisa membeli gantungan kunci, dompet, tempelan kulkas atau tas kecil sebagai oleh-oleh karena memang cukup umum dan lebih terjangkau.
 
Pastikan Tanggal Kadaluarsa
 
Tips cerdas berikutnya ialah memastikan tanggal kadaluarsa, hal ini wajib dilakukan jika Anda berencana membeli oleh-oleh dalam bentuk makanan. Anda bisa mengecek tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan dan sebaiknya hindari membeli makanan yang tidak dilengkapi tanggal kadaluarsa, label halal dan kode BPOM. Ingat, Anda tetap harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan orang-orang yang akan diberikan oleh-oleh nanti. Selain mencari oleh-oleh murah, sudah sepatutnya Anda mempertimbangkan kembali sisi kualitasnya.
 
Tidak hanya itu saja, jangan pernah membeli makanan yang telah cukup lama diproduksi atau tanggal kadaluarsanya tinggal sebentar lagi. Jika Anda tetap ingin dan memaksa membeli makanan tanpa pengawet, sebaiknya ambillah makanan yang baru dibuat dan kondisinya masih hangat. Jangan ragu untuk menanyakannya pada pemilik toko souvenir.
 
Cek Ukuran dan Berat Oleh-oleh
 

Selanjutnya memastikan ukuran dan berat oleh-oleh yang nantinya akan ditempatkan dalam bagasi pesawat. Pastikan Anda memilih beli bagasi lion air sehingga berbagai barang baawan bisa dimasukkan sesuai kapasitas yang tersedia. Dengan mengandalkan Traveloka, proses pilih jatah bagasi semakin mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencari penerbangan yang diinginkan, mengisi data penumpang, memilih kapasitas bagasi sesuai kebutuhan, melakukan pembayaran dan detail bagasi akan langsung muncul di e-tiket. Ingat, saat naik pesawat terdapat berat maksimal bagasi yang harus Anda ketahui. Jadi sebisa mungkin sebaiknya hindari membeli oleh-oleh yang terlalu berat jika Anda tidak ingin dikenakan biaya tambahan nantinya. 

 
Akan tetapi, jika Anda sudah terlanjur membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, besar dan berat, maka Anda bisa mengirimkannya via pos. Langsung masukkan alamat rumah yang dituju dan Anda bisa menunggu di lokasi tujuan nantinya. Jika yang Anda beli termasuk barang yang super besar, pastikan hanya mengandalkan jasa terpercaya saja.
 
Bentuk Pengemasan
 
Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat membeli oleh-oleh ialah bentuk pengemasannya. Pada beberapa toko oleh-oleh memang sudah dimasukkan dalam boks atau kardus pembungkus agar tidak tercecer. 
 
Jika Anda ingin oleh-oleh tetap selamat setiba di lokasi, baik itu benda, makanan, pajangan atau bentuk lainnya maka pastikan pengemasannya telah dilakukan dengan baik. Hal ini sangat penting dilakukan, terkhusus jika Anda menaiki transportasi umum seperti bus, kereta api atau pesawat. Khusus menaiki pesawat, pastikan Anda telah membedakan mana oleh-oleh yang akan dimasukkan dalam bagasi dan barang mana yang akan dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Agar lebih aman, pastikan Anda membawa semua oleh-oleh berbentuk makanan ke dalam kabin pesawat. Hal ini akan menjaga oleh-oleh tetap dalam kondisi baik sampai diberikan kepada orang terdekat Anda.
Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Hut pemda 32 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi