background img
bank bjb 1
Obyek Wisata Situ Bagendit Kabupaten Garut Mulai Ramai Dikunjungi

Obyek Wisata Situ Bagendit Kabupaten Garut Mulai Ramai Dikunjungi

GARUT, - Obyek wisata "Situ Bagendit" salah satu destinasi wisata air berupa danau yang ada di kawasan Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Jawa Barat setelah beberapa bulan ditutup sekarang sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Situ ini memiliki panorama alam yang cukup indah di kelilingi pemandangan gunung terlihat jelas terutama Gunung Guntur Gunung Cikuray dan Gunung Haruman.

Menurut cerita warga setempat,dahulu kala disebuah desa terpencil ada seorang janda muda yang kaya raya yang sangat pelit, serakah, tamak,dan kikir terhadap warga desa itu. Nyi Endit tidak pernah mau memberikan sedikitpun bantuan dan tak segan-segan mengusir para warga yang meminta bantuannya.

Suatu ketika datang seorang kakek-kakek tua renta datang dengan membawa sebuah tongkat ditangannya. Kakek tua itu datang untuk meminta air kepada Nyai Endit, bukannya air yang ia dapat melainkan pukulan dan hinaan dari Nyai Endit.]

Saat itu sang kakek tua yang sudah tak berdaya karena dipukuli oleh nyi endit bangkit lalu menancapkan tongkat yang ia bawa. Saat dicabut kembali tiba-tiba menyemburlah air dari lubang bekas tongkat itu ditancapkan dan pada saat itu pula kakek-kakek itu menghilang.

Semakin lama semburan airnya semakin deras saat warga berlarian menyelamatkan diri Nyi Endit sibuk menyelamatkan semua harta bendanya. Tanpa ia sadari air sudah menggenangi seluruh desa. Dan akhirnya Nyi Endit yang tidak bisa menyelamatkan diri tenggelam bersama seluruh harta bendanya. Desa yang hanya tergenang air kini telah berubah menjadi sebuah danau dan warga desa yang selamat menamainya dengan Situ Bagendit.

Sementara pendukung di kawasan Situ Bagendit untuk menunjang kenyamanan para pengunjung tersedia fasilitas Toilet/WC Umum,Mushola,Area bermain anak, Saung/Gazebo,Warung rumah makan, Rakiit, Perahu Kayuh dan Tempat Parkir yang cukup luas.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah