background img
bank bjb 1
Objek wisata Alam "Cibulan" Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Objek wisata Alam "Cibulan" Kabupaten Kuningan Jawa Barat

KUNINGAN, - Selain terkenal dengan oleh olehnya  "Penyuem Ketan"  banyak  terdapat pula wisata alam yang indah bisa dikunjungi di kota ini, dimana salah satunya adalah objek wisata alam "Cibulan".

Obyek wisata ini merupakan salah satu objek wisata tertua di Kuningan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, R.A.A. Mohamand Achmad pada jamanya, yang berada di jalan raya Manis Kidul Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Jawa Barat bisa  ditempuh sekitar 10 menit dari pusat kota Kuningan.

Ada beberapa Fasilitas yang bisa dinikmati ditempat ini antara lain :

Berenang bersama ikan dewa


Ikan dewa memiliki bentuk yang aneh dengan postur panjang yang mirip ikan arwana. Akan tetapi, ikan yang umumnya punya panjang 60 cm ini, punya sisik besar dengan kepala ikan mas. Ikan ini berada di 3 kolam yang berbeda. Yaitu di kolam dengan kedalaman 1,5 m, 2 m dan 2,8 meter.

Pengunjung yang datang ke Objek Wisata Cibulan bisa berenang dengan ikan jinak ini di kolam tertentu. Selain berenang, pengunjung juga bisa dicium langsung oleh ikan dewa. Nantinya ikan tersebut dipegang langsung oleh petugas sebelum menciumkannya ke pengunjung.

Memberi Makan Ikan Dewa
Jika takut berenang dengan ikan dewa, pengunjung bisa memberinya makan. Akan tetapi, tidak sembarang pakan bisa diberikan. Ikan tersebut hanya boleh diberi makan apel merah yang merupakan kesukaan dari ikan dewa.

Sumur Tujuh

Di salah satu sisi kolam terdapat tempat yang tidak kalah disakralkan. Tempat yang disebut sebagai Sumur Tujuh ini memiliki 7 mata air dan menjadi sumur yg terpisah. Sumur ini juga merupakan situs petilasan dari Prabu Siliwangi konon katanya, ketujuh sumur tersebut mempunyai khasiat masing-masing sehingga banyak pengunjung yang ke tempat ini untuk mencoba.

Bermain Sepeda Air
Jika ingin bermain sepeda, tidak hanya bisa menggunakan sepeda gantung namun juga sepeda air. Wahana ini berbentuk angsa dan bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa. Pengunjung bisa menaiki untuk berkeliling kolam.

Ada juga sepeda air yang terbuat dari sepeda asli. Untuk bisa digerakkan, sepeda ini harus dikayuh. Namun, sepeda ini hanya bisa digunakan oleh 1 orang saja.

Terapi Ikan
Di area wisata ini juga terdapat ikan dari Jepang yang biasanya untuk terapi. Ikan yang ditempatkan di tempat khusus ini akan membantu membersihkan sel kulit mati. Setelah membayar biaya untuk fasilitas ini, pengunjung bisa memasukkan kakinya untuk terapi.

Wahana Water Park 
Agar pengunjung semakin seru saat berenang, saat ini sudah ada seluncuran. Seluncuran yang langsung meluncur ke kolam ini bisa dipergunakan pengunjung terutama anak-anak. Selain itu, pengunjung bisa juga melompat ke kolam dari papan di tempat yang sudah disediakan.

Selain seluncuran terdapat juga ember tumpah. Ember tersebut akan diisi air hingga penuh. Kemudian akan tumpah dan membasahi pengunjung yang berada di kolam. Tepatnya berada di arah air ember jatuh.

Objek Wisata Cibulan Kuningan juga menawarkan cara bermain basket yang unik. Ring basket berada di salah satu sisi kolam. Untuk bermain, pengunjung bisa bertanding dan memasukkan bola ke dalam ring tersebut.

Olahraga Memanah
Di salah satu sudut, kawasan wisata |Objek Wisata Cibulan, terdapat tempat untuk memanah. Tepatnya di sebelah belakang kolam. Setelah membayar biaya yang sudah ditentukan, pengunjung akan diberi 10 anak panah. Nantinya pengunjung bisa mencoba memanah dengan tepat ke titik/area yang terpasang.

Flying Fox dan Sepeda Gantung
Mulai dari tahun 2010, Objek Wisata Cibulan Kuningan terus dibangun. Salah satu wahana yang dibangun adalah sepeda gantung dan flying fox. Wahana tersebut cocok untuk pengunjung yang suka aktivitas yang memacu adrenalin.

Pengunjung bisa menaiki wahana tersebut dengan membayar tiket naik. Baik flying fox ataupun sepeda gantung hanya bisa dipergunakan oleh 1 orang per wahana. Untuk flying fox, pengunjung akan meluncur dari dari ketinggian 7 meter. Sedangkan untuk sepeda gantung, pengunjung harus menggenjot agar sepeda berjalan hingga ke ujung.

Bermain Kereta Api
Di salah satu sudut kawasan Objek Wisata Cibulan, anak-anak bisa naik kereta api mini. Kereta api di samping kolam ini memiliki lintasan yang tidak terlalu panjang. Sehingga bisa menjadi pilihan untuk orang tua saat hendak menyuapi anak atau saat anak menangis.

Fasilitas lainya :
Selain tempat parkir, pengelola Objek Wisata Cibulan sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Beberapa diantaranya adalah kamar mandi, tempat bilas, tempat makan. Pengunjung bisa memilih makan di tempat lesehan agar lebih nyaman terutama setelah berenang. Di tempat ini juga sudah menyediakan mushola sehingga lebih mudah untuk beribadah.

Untuk Info Lebih lanjut :

Berita Lainnya
HUT Tegal Beebopp pa erwin purwakarta 2 ASEP PRESIDEN