background img
bank bjb
Purwakarta Penuh Nuansa Budaya

Purwakarta Penuh Nuansa Budaya

PURWAKARTA - Peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 1 Mei lalu diperingati berbeda di Purwakarta.

Biasanya, orasi yang berisi tuntutan perbaikan kesejahteraan selalu disuarakan dalam aksi tahunan tersebut. Namun, tuntutan tersebut tidak terdengar di Purwakarta karena para buruh merayakan ritual buruh sedunia tersebut dalam bingkai kegiatan Karnaval Budaya Nusantara.

berlangsung di halaman Kampus Universitas Pendidikan Indonesia cabang Purwakarta menjadi titik kumpul para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) 

Para buruh yang berkumpul tampak membawa atribut kesenian dari berbagai daerah mulai dari Tanjidor, Kuda Lumping, hingga Genye dan manusia tanah yang menjadi kesenian khas Purwakarta.

Seluruh peserta aksi pun tampak membawa beras yang mereka masukan ke dalam botol, untuk dikumpulkan dan disumbangkan kepada seluruh masyarakat penerima jatah beras sejahtera di Purwakarta. Kabupaten Purwakarta memiliki istilah sendiri untuk beras tersebut, yakni beras perelek.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang terlihat mengikuti long march dari Kampus UPI Purwakarta di Jalan Veteran menuju Lapang Sahate di Jalan KK Singawinata pun menuturkan, buruh di kabupaten yang ia pimpin memiliki kedewasaan dalam pengungkapan pendapat sehingga setiap aksi berlangsung secara elegan.

Ia menilai cara ini sama sekali tidak mengurangi esensi penyampaian aspirasi, sebab banyak cara yang bisa dilakukan tanpa harus merugikan pihak lain.

“Ini lebih elegan, esensinya sama. Para buruh ingin ada aspirasi yang disampaikan kepada pihak perusahaan mereka masing-masing, ada pengumpulan tanda tangan, nanti kan bisa mereka selesaikan secara bipartit. Sebagai bentuk dukungan, saya pasti ikut tanda tangan,” jelas Dedi.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4