background img
BJB 2017
Kota Bandung meraih penghargaan  AWG ESC

Kota Bandung meraih penghargaan AWG ESC

BANDUNG- Untuk pertama kalinya kota Bandung meraih penghargaan  Asean Working Group on Environmentaly sustainable cities (AWG ESC) pada gelaran acara Asean of environment ministry yang diselenggarakan oleh sekretariat Asean. Kota Bandung  mendapat Penghargaan   kategori udara bersih (Certificate of Recognition for Clean Air ) .Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ridwan Kamil Walikota Bandung  di Bandar Sri Begawan Brunei Darussalam pada tanggal 12 September 2017.
 
Prestasi yang diraih kota Bandung dalam bidang clean air atau udara bersih tersebut, melengkapi prestasi 3 (tiga) kota lain di Indonesia yang juga meraih  peringkat 1 untuk  kategori clean Water untuk kota malang, clean land untuk kota makassar, serta esc award diraih oleh Tulungagung.  Kota-kota tersebut berhasil menyisihkan kota-kota unggulan dari setiap perwakilan negara di Asean, berdasarkan kategori kota kecil dan kota besar.

Kota Bandung diusulkan oleh KLHK untuk mewakili Indonesia karena pada tahun 2013 dan 2015 menjadi kota terbaik di Indonesia dalam Evaluasi  Kualitas Udara
Dalam penilaian oleh komite lingkungan hidup pada Sekretariat Asean, kota Bandung bersaing ketat dengan Kota Can tho yang diusulkan oleh Vietnam.
Penilaian dilakukan  dari berbagai aspek dalam rentang waktu yang cukup lama, mulai dari aspek  administrasi, uji data sampai dengan presentasi yang dilakukan oleh delegasi Indonesia.
Kota Bandung unggul tipis dari kota  Can tho negara Vietnam karena dipandang memiliki inovasi-inovasi yang sangat baik untuk mewujudkan kota dengan udara bersih.

Ridwan Kamil Walikota Bandung sangat bersyukur atas penghargaan tersebut dan mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama warga kota Bandung yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Menurutnya Tidak ada Prestasi tanpa kerja keras.  Prestasi yang diraih merupakan apresiasi atas kerja kerja yang dipandang  telah sesuai dengan agenda lingkungan hidup. Tapi kerja belum selesai karena masih ada yang harus terus kita tingkatkan, ujarnya.

Emil berharap asosiasi perbengkelan di kota Bandung yang selama ini sangat aktif melakukan uji emisi gratis, bisa meningkatkan kuantitas kegiatannya dan  bekerjasama dengan DLHK, kewilayahan dan RT/RW semakin masif membantu  melakukan uji emisi gratis di kawasan permukiman.
Kantor pemerintahan dan pertokoan diharapkan memiliki kawasan atau tempat parkir bebas emisi,  sebagai insentif bagi kendaraan bermotor yang telah lulus uji emisi.  

Udara di Kota Bandung akan menjadi semakin baik apabila setiap kendaraan bermotor di kota Bandung telah lulus uji emisi, dan semakin banyak warga yang menggunakan transportasi massa ataupun sepeda sebagai alat transportasi.

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL