background img
BJB 2017
Mahasiswa Malaysia Belajar Gamelan di Waduk Penjalin Brebes

Mahasiswa Malaysia Belajar Gamelan di Waduk Penjalin Brebes

BREBES - Sebanyak sepuluh mahasiswa asal International Islamic University College Selangor , pada Selasa (17/10) belajar memainkan alat musik gamelan. Kesepuluh mahasiswa tersebut diberi pelatihan oleh Dalang Ki Winduaji Suwarto di Objek Wisata Waduk Penjalin, Kabupaten Brebes.

Seluruh mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Infromatika. Sebelumnya, mereka diajak menonton acara tradisional Grebeg Suronan di Kabupaten Banyumas.

"Itu (nada satu enam) hanya untuk pengenalan gending juga cara memegang, memukul dan mengenalkan letak atau posisi nada,"kata Dalang Ki Winduaji Suwarto kepada Sinarpaginews.com.

Dengan didampingi para dosen, mereka diajarkan memainkan gending untuk pemula dengan nada satu dan enam. Musik yang dimainkan, kata dia yakni Manyar Sewu.

Dia menuturkan, cara yang diajarkan yakni dengan memainkan nada-nada itu dengan berulangkali. Tujuannya agar para peserta merasakan dan menghafal setiap karakter bunyi.

"Makanya tadi disamping langsung diarahkan, saya juga lakukan dengan cara visual lewat menampilkan nada-nada itu di papan tulis,"terangnya.

Salah satu Mahasiswa Yona natasha mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. Menurut dia, budaya dan masyarakat Indonesia sangat majemuk. Terutama, kata dia masyarakatnya sangat ramah dan bersahabat.

"Kalau di Malaysia ada Gong dan juga alat musik mirip gamelan. Di sana juga kami punya sekolah khusus yakni Aswara. Memang kita kalau belajar disitu,"katanya

Terpisah, Kepala SMK Maarif NU Paguyangan Mardiyanto menuturkan, pihaknya juga ikut memeriahkan acara tersebut dengan membawa 40 siswanya. Para siswa tersebut, kata dia, menampilkan permainan musik tradisional Calungan'.

"Kita membawa satu tim penuh yang rata-rata dari kelas 10 dan 11 dengan memainkan dua buah lagu,"katanya.(rbn)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL