background img
BJB 2017
Rebut Piala Presiden BelFic Masuk 10 Besar WIFT

Rebut Piala Presiden BelFic Masuk 10 Besar WIFT

MANADO .sinarpaginews.com -- Usai sudah  turnamen mancing internasional di kepulauan Widi Halmahera Selatan ‘Widi International Fishing Tournament’ ( WIFT ) 2017.Sabtu ( 29/10 )pecan kemarin,setelah berlangsung selama lima hari sejak dibuka Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan pada Senin ( 25/10 ) lalu.

Tim ‘Mancing Mania Manado yang berhasil menggondol Piala Bergilir Piala Presiden RI dan berhak atas hadiah sebesar Rp 100 juta.
Perhelatan akbar ini ditutup langsung oleh Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, sekaligus menyerahkan  piala bergilir Presiden RI dalam acara penutupan di Pelabuhan Laut Babang, Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.Sabtu ( 29/10 )


Tim ‘Mancing Mania Manado’ keluar sebagai juara WIFT 2017 setelah mengumpulkan 221.35 poin. Pada hari pertama turnamen, tim ini  mendapatkan black marlin yang merupakan Billfish ( ikan berparuh ) yang terkenal sebagai ikan petarung.
Pada posisi kedua disusul oleh tim Harvest  dengan Perolehan 210 poin dan berhak membawa hadiah tunai Rp 50 juta.posisi berikutnya diisi oleh Bluefin ( 100 poin ), AS Fishing ( 21,95 poin ) dan ZFC Bali ( 21,95 poin ) ketiganya masing-masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta, Rp 25 juta dan Rp 15 Juta.

Sementara, kategori juara harian diraih oleh Harvest ( hari pertama ) dan Bluefin ( hari kedua ). Masing-masing berhak atas hadiah uang senilai Rp 10 juta.  
Harvest juga memenangkan kategori bergengsi yakni Billfish. Mereka mengumpul 200 poin dan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 50 juta.

Selain itu spesies tuna yang dimenangkan Tim Lamail FC dengan 11,94 poin. Tim AS Fishing berhasil memenangkan kategori spesies tenggiri dengan 11,45 poin dan menjadi juara umum,

Tim Mancing Mania Manado juga memenangkan kategori spesies Kuwe dengan 21,35 poin. Di kategori spesies Kurisi & Kakap, tim Bahtera Sultra Mancing yang keluar sebagai pemenangnya dengan 17,30 poin.

Juara kategori Spesies Lainnya diraih oleh tim Kendari Fishing Adventure. Sebagai kapten terbaik Hasan Iqbal terpilih. Nakoda tim ‘Mancing Mania Manado’ itu berhak membawa pulang hadiah uang sebesar Rp 10 juta.

Dari catatan hasil tangkapan para peserta, total ada sebanyak 24 ikan yang berada di atas, 10 kg. Ikan Giant Travelly terbanyak dengan jumlah 13 ekor dan berat berkisar 10-18 kg. Sementara, ikan jenis Bilfish ada sebanyak empat ekor yang tag and release.
Pepe angler asal francis mengatakan kepulauan Widi menyimpan Potensi perikanan yang sangat bernilai tinggi, potensi ikan black marlin yang luar biasa,  “kita fight dengan satu ekor ikan black marlin membutuhkan waktu 1,5 hingga 3 jam hingga landed, ikan yang berhasil di naikkan di perkirakan berat ikan mencapai 350-450 kg. Bahkan ada satu tackle yang break saat fight”, ungkap Pepe kepada sinarpaginews.com.Minggu ( 29/10/2017 ).

Pepe menambahkan ikan jenis black marlin wajib di release kembali ke lautan, sehingga pada turnamen ini di terapkan tag an release, dari tum bluefin fc juga menaced potensi black marlin yang luar biasa di kepulauan Widi Halmahera,tim mereka mengalami beberapa kali hook up marlin dengan berat ikan lebih dari 350 kg. 

Sementara itu tim Belitung Fishing Comunnity, ikan yang di peroleh jenis giant trevally dalam bahasa lokal di kenal dengan bobara, tim belfic berhasil menaikkan ikan dengan berat lebih dari 10 kg,sementara ikan dengan berat kurang dari 10 kg wajib lepaskan kembali.Fennil sebagai ketua tim BelFic mengungkapkan potensi sport fishing di Widi cukup menjanjikan,dengan kontur laut yang dalam menympan berbagai jenis ikan dengan ukuran besar seperti black marlin,tuna,gt, tuna gigi anjing,red sniper dan ikan lainnya,“selama beberapa hari turnament kita sudah mengexplore beberapa titik di perairan kepulauan Widi Halmahera, kontur lautnya dalam, dari pesisir pantai langsung curam ke kedalaman 50 hingga 1000 meter, teknis mancing yang ideal dengan teknik jiggibg,trolling dan dasaran untuk mendapatkan target ikan Ikan yang besar. “ungkap fennil kepada sinarpaginews.com.

“kendati belum berhasil tampil sebagai juara, namun kita cukup berbangga hati,  karena BelFiC masuk kedalam urutan 10 besar,  kita di urutan ke 8 dari 51 tim peserta dalam event Widi International fishing turnamen, kita ucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara yang telah menerima kita dengan baik, dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh tim BelFiC yang sudah berusaha semaksimal mungkin serta doa rekan rekan angler di Belitung “ ungkap Amin Nurachman yang juga ikut dalam tim BelFiC. 

Amin berharap apa yang telah di laksanakan di Widi bisa juga di terapkan di Belitung, menurutnya Belitung juga memiliki potensi laut yang kaya dengan karakteristiknya tersendiri,sehingga bisa di kelola secara maksimum untuk kegiatan sport fishing,industri perikanan, industri pariwisata sehingga memberi dampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Belitung

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL