background img
Leaderboard BJB 2018
Atma Jaya Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik Jakarta

Atma Jaya Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik Jakarta

JAKARTA - Unika Atma Jaya berhasil raih kembali peringkat kampus swasta terbaik Jakarta 2018 berdasarkan hasil klasterisasi pemeringkatan Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti). Predikat itu disampaikan bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada jumpa pers yang digelar di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Sabtu (18/8).

Pada klasterisasi perguruan tinggi non-vokasil tahun 2018 Unika Atma Jaya berhasil naik peringkat ke-30 besar nasional yang pada tahun lalu berada pada peringkat 87.  Untuk kategori perguruan tinggi swasta Unika Atma Jaya meraih posisi ke-2 teratas setelah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

“Terima kasih kepada segenap civitas academica Unika Atma Jaya yang telah mengupayakan hasil terbaik. Semoga pencapaian ini menjadi bukti komitmen kita pada nilai unggul dan profesional, yang sekaligus membuktikan kita sebagai institusi yg Kristiani dan Peduli. Marilah kita teruskan karya nyata kita di dunia pendidikan dengan mengupayakan hasil terbaik,” kata Rektor Unika Atma Jaya, Dr.Agustinus Prasetyantoko.

Terkait komponen penilaian pada tahun 2018 ini terdapat penambahan satu komponen utama yaitu Kinerja Inovasi. Komponen ini menjadi penting karena kesiapan teknologi dan inovasi adalah dua pilar dari dua belas pilar dalam indikator daya saing bangsa.  

Oleh karena itu, komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi Indonesia mencakup 5 (lima) komponen utama, yaitu: Kualitas SDM,(persentase jumlah dosen berpendidikan S3 dan persentase jumlah lektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen); dan Kualitas Kelembagaan (akreditasi institusi dan program studi, jumlah program studi terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah kerja sama perguruantinggi.

Tiga komponen lain adalah Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan (kinerja kemahasiswaan;    Kualitas Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (mencakup kinerja penelitian, kinerja pengabdian pada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dosen dan; dan Kualitas inovasi, (kinerja inovasi).

Unika Atma Jaya selama dua tahun berturut-turut mendapatkan kepercayaan sebagai rekan kerja pemerintah untuk melakukan pembinaan dan membantu meningkatkan mutu perguruan tinggi lainnya melalui Hibah Perguruan Tinggi Asuh.(spn/sp)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 KPU KAB. PURWAKARTA
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng