Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/sin10000/public_html/index.php:1) in /home/sin10000/public_html/index.php on line 4

Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/sin10000/public_html/index.php:1) in /home/sin10000/public_html/index.php on line 8

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/sin10000/public_html/index.php:1) in /home/sin10000/public_html/index.php on line 8
Doraemon Apps Sabet juara Nasional background img
bank bjb
Doraemon Apps Sabet juara Nasional

Doraemon Apps Sabet juara Nasional

TEGAL - Mahasiswa D IV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali meraih juara 1 pada Grand Final Kompetisi Nasional Code Up Your Digital Technologies (Codig) 1.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana, Jakarta (Sabtu, 15/12).

Gelaran Codig 1.0 tahun ini telah meloloskan 93 proposal, “Mereka berasal dari 17 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Indonesia”, ujar Dr Mujiono selaku Ketua Pelaksana Codig 1.0.

Kompetisi tersebut terdiri dari beberapa kategori, di antaranya: Kompetisi Aplikasi Bisnis (KOMBIS), Kompetisi Penambangan Data (DAMIN), Kompetisi Pembuatan Game (GAMEDEV), dan Kompetisi Pengembangan Perangkat Lunak (KOMPAK).

Mahasiswa D IV TI PHB telah mengikuti kategori KOMPAK dan bersaing pada tahap semi final dengan mahasiswa Universitas Gunadarma, Politeknik Negeri Malang, UIN Syarif Hidayatullah dan Universitas Mercu Buana. Kemudian yang lolos pada grand final yakni tim Tawakal dari PHB dan 2 tim lain dari tuan rumah sendiri Universitas Mercu Buana.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka Prodi TI sangat bersyukur atas keberhasilan untuk yang kedua kali Tim Tawakal dapat meraih juara 1, setelah sebelumnya di tahun yang sama meraih juara 1 di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama dan ini untuk kesekian kalinya juga mahasiswa D IV TI mampu menorehkan prestasi di kompetisi perangkat lunak tingkat nasional” ujar Ginanjar.

Adapun produk yang dihasilkan oleh tim yang terdiri dari Azka Wildan Mukholladun, Novianto Arief Wibowo dan Ali Budi Purnomo adalah Doraemon Apps. Merupakan sebuah aplikasi pelaporan dan penanganan kondisi darurat (emergency) yang menyangkut kesehatan dan  keselamatan jiwa manusia dengan studi penerapan di wilayah kota Tegal.

“Aplikasi Doraemon Apps merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang berjalan pada platform android dengan fungsi untuk melaporkan kejadian darurat dan pertolongan pertama (chatbot) secara cepat, akurat, dan realtime ke rumah sakit atau institusi kesehatan terdekat”, jelas Ginanjar.

Ali Budi Purnomo menambahkan disamping aplikasi tersebut dapat melaporkan kejadian darurat, aplikasi Doraemon Apps juga menyediakan layanan atau fitur tambahan untuk warga supaya bisa berkonsultasi atau bisa menghubungi atau menelpon dokter spesialis, mantri dan bidan yang berada di Kota Tegal.

Adapun kategori lain seperti KOMBIS dijuarai oleh NotYetNamed (Institut Pertanian Bogor), DAMIN oleh Albacore (Universitas Mercu Buana), dan GAMEDEV oleh Visual Hijaiyah (Universitas Mercu Buana). (hid/gen)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR