background img
bank bjb
Dosen Universitas Pamulang Tertarik Dengan Pasar Slumpring

Dosen Universitas Pamulang Tertarik Dengan Pasar Slumpring

TEGAL - Pasar Slumpring yang berada di Desa Cempaka - Bumijawa Kabupaten Tegal, saat ini menjadi perbincangan masyarakat di daerah sekitar. Pasar yang viral karena buka setiap hari Minggu di sebuah lahan bambu ini tidak menggunakan uang secara langsung pada transaksi pembeliannya, tetapi dengan uang ikon (uang bambu) yang sebelumnya sudah ditukar dengan uang asli untuk bisa bertransaksi membeli aneka produk yang ada di Pasar Slumpring tersebut. Selain itu, tempat yang menarik untuk berfoto ria, membuat semakin penasaran bagi mereka yang belum pernah kesana.

Viralnya pasar Slumpring di media sosial membuat dosen-dosen Universitas Pamulang Jurusan Teknik Industri tertarik menggrap potensi wisata tersebut sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Rombongan Dosen Jurusan Teknik Industri Unpam Patria Adhistian, ST,MM mengatakan Desa Cempaka khususnya pasar Slumpring merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Tegal yang berpotensi besar untuk dikembangkan. Melalui program Pengabdian Masyarakat Unpam yang diadakan pada 2-4 Februari 2019, diharapkan bisa menjadi forum sharing dan berbagi wawasan antara dosen dengan Pokdarwis ataupun Karang Taruna di Desa Cempaka.

Menurut Adhistian, kegiatan ini diikuti 20 dosen langsung terjun ke lokasi, dan dihadiri pula 20 orang dari Pokdarwis dan Karang Taruna Desa Cempaka. Untuk program Pengabdian Masyarakat ini bertemakan Penggunaan Virtual Payment dan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Pasar Slumpring Desa Wisata Cempaka.

Adhistian mengungkapkan sambutan dari Pokdarwis dan Karang Taruna Desa Cempaka sangat hangat dan luar biasa. Berbagai pertanyaan muncul di forum terbuka dan sharing, salah satunya pertanyaan tentang bagaimana meningkatkan rating pasar Slumpring di daftar pencarian google, agar semakin dikenal.

Kepala Desa Cempaka, Abdul Khayyi mengatakan kehadiran para dosen Jurusan Teknik Industri Universitas Pamulang ini diharapkan  bisa menjadikan pasar Slumpring menjadi binaan Unpam seperti halnya tempat wisata Umbul Ponggok (Klaten) yang menjadi Desa Binaan dari UGM.

Dari kegiatan pengabdian para dosen ini kepada masyarakat, banyak sharing dan berbagi pengetahuan tentang upaya-upaya pengembangan wisata, upaya dalam rangka peningkatan kepuasan para pengunjung, termasuk upaya bagaimana pasar Slumpring menjadi ikon agar semakin dikenal masyarakat dimanapun berada.

Diakhir kegiatan ini diberikan bantuan modem wireless internet untuk pasar Slumpring Desa Cempaka Kabupaten Tegal.(hid/dan).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4