background img
bank bjb
Wagub Kaltim: Semua guru dituntut meningkatkan kualitas kemampuan

Wagub Kaltim: Semua guru dituntut meningkatkan kualitas kemampuan

SAMARINDA - Guru merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan kualitas pendidikan, sehingga peningkatan profesionalisme guru perlu dilakukan secara komprehensif dan sistematis.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi sangat mendukung upaya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang akan melaksanakan seminar nasional dan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi para guru, awal Maret mendatang.

"Semua guru dituntut untuk meningkatkan kualitas, kemampuan dan memperluas pengetahuan baru agar dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional," kata Hadi Mulyadi saat menerima audiensi jajaran pengurus MGMP IPS SMP Kabupaten Kutai Kartanegara di Ruang Kerja Wakil Gubernur Kaltim, Senin (18/2/2019).

Hadi Mulyadi menambahkan upaya meningkatkan kompetensi guru melalui seminar nasional sangat tepat. Selain menambah wawasan para guru, juga menjadi evaluasi terhadap program-program yang dilaksanakan dan menemukan solusi dari berbagai kendala yang dihadapi.   

"Melalui seminar nasional kompetensi guru, permasalahan pembelajaran IPS di sekolah dapat dicarikan alternatif solusi pemecahannya. Dengan demikian proses pembelajaran dapat ditingkatkan kualitasnya sesuai tuntutan dan tujuan pendidikan nasional," tegas Hadi Mulyadi.

Sementara Ketua MGMP IPS SMP Kabupaten Kutai Kartanegara Yunus menjelaskan seminar nasional mengangkat tema membangun kompetensi guru yang kreatif dan insperatif melalui penerapan strategi teknik pembelajaran 4.0 berbasis multi literasi akan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Dinas Pendidikan Kukar pada tanggal 2-3 Maret  2019.

Dikatakan kegiatan seminar nasional tersebut juga terbuka untuk mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti (PABP), pendidikan kewarganegaraan (PKN), IPA, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, seni budaya maupun pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK).

"Persiapan terus kita lakukan, dimana peserta seminar nasional maupun bimtek penulisan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan diikuti seluruh MGMP IPS SMP kabupaten/kota seKaltim dan Kalimantan Utara. Yang  sudah terdaftar kurang lebih 200 peserta," kata Yunus

Selain membuka seminar dan bimtek, lanjut Yunus, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi  diminta juga  menjadi keynote speaker terkait masukan maupun kiat-kiat dalam peningkatan mutu guru, karena pengalaman beliau sudah menjadi guru selama 25 tahun.

"Selain Wagub Hadi Mulyadi, kita juga mengundang beberapa narasumber seperti Bupati Kutai Kartanegara Drs Edy Damansyah, Satgas Peningkatan Mutu pendidikan Kemendikbud Aula Wijiasi, Kepala LPMP Kaltim Mohamad Hartono dan Ketua Umum Forum Guru IPS seluruh Indonesia Eni Kuswati," ungkap Yunus.(spn/hms)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR