background img
bank bjb
Sutarmidji Launching Buku Tabungan  Untuk Sekolah Gratis

Sutarmidji Launching Buku Tabungan Untuk Sekolah Gratis

Pontianak  -- Gubernur Kalbar H.Sutarmidji secara sombolis melaunching buku tabungan untuk sekolah Gratis dimulai Tahun Ajaran Baru pada Juli 2019 mendatang, yang berlangsung di Hotel Grand Mahkota Pontianak pada acara Musrenbang RKPD Kota Pontianak, Senin ( 4/3).

Sekitar 130.000 pelajar dari 14 Kabupaten/Kota tidak akan membayar uang sekolah. Pelajar yang akan menikmatinya yakni pelajar tingkat SLTA/SMK Negeri maupun pelajar tingkat Swasta.

“Pendidikan gratis yang dimaksudkan adalah berupa beasiswa kepada siswa SMA/SMK di Provinsi Kalbar. Nilainya disesuaikan dengan biaya yang harus dibayarkan ke sekolah,"kata H Sutarmidji.

Dikatakannya, per siswa yang biasanya harus membayar biaya sekolah sekitar Rp100 ribuan per bulan. Jika dihitung setahun anggaran siswa tersebut akan menerima sekitar Rp1,2 juta dari APBD Kalbar. Selain itu dianggarkan pula kepada 10.000-an pelajar dari Sekolah Swasta dari Keluarga kategori tidak mampu (miskin).

Besarannya di antara Rp1 sampai 1,2 juta. Selanjutnya untuk tahun anggaran 2020, Pemerintah provinsi Kalimantan barat akan menambah anggaran beasiswa bagi sekitar 15.000 sampai 20.000 anak-anak pelajar yang terdari dari 14 kabupaten/kota.

Dengan beasiswa ini, Midji meminta pendidikan anak tetap menjadi prioritas, terutama keluarga tidak mampu. Jadi, tak ada pelajar SMA/SMK Negeri atau Swasta yang tidak bersekolah. Mereka tetap harus bersekolah guna mengejar cita-cita mereka.

Tujuannya juga untuk meningkatkan dan mengenjot IPM (Indek Pembangunan Manusia) yang berada di posisi buncit. Harapan kita, dengan pemberian beasiswa ini, perubahan IPM Kalbar secara signifikan dan akan terjadi pada tahun-tahun mendatang, pungkasnya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS