background img
bank bjb
Dudung Nurullah Koswara : Cendani Siswi Literet Kota Sukabumi

Dudung Nurullah Koswara : Cendani Siswi Literet Kota Sukabumi

Sukabumi - Era literasi ditandai dengan geliat menulis  membaca buku, ratusan sekolah di Jawa Barat mulai membiasakan diri mengajak para siswa-siswinya untuk membaca selama lebih kurang 15 menit sebelum KBM dimulai.

Era literasi adalah sebuah jawaban atas lemahnya bangsa kita dalam membaca, Rata-rata dari 1.000 orang Indonesia diperkirakan mungkin hanya satu orang yang senang membaca, hal itu menunjukkan bahwa budaya literasi bangsa kita masih lemah, bangsa kita adalah bangsa yang lebih banyak bicara dibanding membaca atau mendengarkan.

Saat ini budaya oral, tutur dan banyak bicara sangat menonjol jika dibandingkan dengan budaya gemar membaca, hal itu kerap dijumpai hampir di berbagai tempat seperti didalam angkutan umum, warung kopi, terminal, rumah makan serta tempat-tempat lainnya.

Secara umum kita akan lebih banyak menjumpai orang yang asik berbicara dibanding dengan orang yang sedang asyik membaca buku, tentu hal itu menunjukkan bahwa budaya literasi kita masih sangat lemah, namun budaya berbicara dan budaya teriak-teriak lebih menonjol dibangsa kita.

Harapan dan munculnya masyarakat yang literet, dan gemar membaca serta menulis hanya bisa ditumbuhkan mulai dikalangan pelajar, sebab Kalangan pelajar adalah generasi masa depan yang akan menggantikan masyarakat hari ini.
Masyarakat masa depan yang literet hanya mungkin dibangun dengan menumbuhkan budaya literasi pada pelajar hari ini, maka disinilah fungsi pendidikan dan dunia sekolahan sebagai modal bangsa dalam mencetak generasi terbaik yang literet.

SMA Negeri 1 merupakan salah satu sekolah terbaik di Kota Sukabumi dengan Sejumlah prestasi yang ditorehkan oleh para siswa-siswinya, selain itu SMA Negeri 1 merupakan salah satu sekolah di kota Sukabumi yang telah sepenuhnya memberikan dukungan terhadap generasi terbaik yang literet, termasuk memberikan dukungan terhadap salah satu siswi yang telah berhasil menerbitkan dua karya buku terbarunya yang sudah terbit ber ISBN, dalam berbentuk novel dan cerpen.

Siswi tersebut adalah Cendani Pualam Koswarahemadiputri, berbekal dari kebiasaannya membaca dan meunulis yang telah di pupuk sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), baru-baru ini Cendani menunjukan sebuah prestasi yang luar biasa dalam bidang literasi, mungkin saat ini Cendani merupakan satu-satunya siswi di Kota Sukabumi dalam usia muda belia telah mampu membuat buku.

Prestasi yang membanggakan tersebut, itu merupakan buah hasil dari kebiasaanya membaca dan menulis yang telah di pupuknya Sejak ia duduk di bangku SD, namun kesempatan membukukan karya tulisnya baru pada kesempatan ini, saat Cendani menduduki Bangku Sekolah menengah Atas di SMA Negeri 1 Kota Sukabubumi, yang melahirkan dua karya buku terbarunya yang sudah terbit ber ISBN, berbentuk novel dan cerpen, dan kedua buku tersebut telah menarik lebih dari 340.000 orang pembaca (dilihat dalam wattpad).

Selain dua karya yang telah manarik ratusan ribu pembaca tersebut, saat ini Cendani juga sedang menyusun empat buku baru, keempat karya tersebut dua sudah selesai dicetak dengan judul “Time Lapse Selang Waktu” dan  “Psychopath” Sebuah buku gaul yang banyak diminati oleh para remaja khususnya.

Merupakan sebuah Capaian belajar luar biasa yang ditorehkan oleh Cendani, siswi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi jurusan bahasa, Cendani adalah pelajar dengan imajinasi yang baik, Ia siswi yang berbeda dari siswa-siswi/pelajar pada umumnya yang lebih suka berbicara dibanding menulis. "Cendani lebih tertarik menulis dibanding berbicara, hal itu seiring dengan bakat yang ia memiliki yakni "menulis dan bakat bicaranya sedikit" tak heran jika saat ini Cendani memiliki pencapaian pelajar yang luar biasa dalam bidang literasi, sebab Cendani sejak SD telah menorehkan prestasi-prestasinya yang cukup membanggakan salah satunya yaitu  menjadi juara 1 olimpiade science quark tingkat Kota Sukabumi serta peraih nilai UN tertinggi di sekolah dasarnya.

Cendani punya bakat menulis serta mendapatkan dukungan dari Sekolahnya saat ini, yang mana, SMAN 1 Kota Sukabumi telah berhasil membimbing dan mengarahkan bakat siswanya untuk menjadikannya sebuah prestasi yang  dapat di banggakan.  

SMA Negeri 1 adalah merupakan salah satu sekolah terbaik di Kota Sukabumi yang selalu mendorong dan memberikan dukungan terhadap siswa-siswinya untuk mengukir prestasi terbaiknya, maka tak heran jika SMA Negeri 1 Kota Sukabumi telah banyak menorehkan sejumlah prestasi yang diraih oleh para siswa-siswinya, termasuk siswi yang mampu mencetak buku, saat ini hanya ada di SMAN 1 Kota Sukabumi.

tentu semua itu merupakan dedikasi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang cukup bagus didalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan, sebab Sekolah yang baik akan mampu memberikan layanan pendidikan pada bakat siswanya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS