background img
bank bjb
Tahroni : Guru PAUD Harus Kreatif

Tahroni : Guru PAUD Harus Kreatif

BREBES -- Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga (Dindikpora)Kabupaten Brebes DR Tahroni MPd mengajak kepada para Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk meningkatkan  meningkatkan capacity building. Yakni membangun kapasitas sebagai guru PAUD dengan menambah ketrampilan, kreativitas melalui workshop, seminar, maupun pendidikan dan pelatihan lainnya.
Demikian disampaikan doktor Tahroni saat mewakili Bupati Brebes saat menghadiri dan membuka Workshop 1000 Guru PAUD, di Gedung Auditorium Universitas Muhadi Setiabudhi (UMUS) Brebes, Sabtu (09/3).

Menurut Tahroni, kreativitas guru PAUD sangat berpengaruh langsung pada keberhasilan peserta didik. Untuk itu, workshop ini bisa diimplementasikan dengan kerja keras dan kerja cerdas dalam upaya mewujudkan peserta didik yang berkualitias.
Sebagaimana suatu kajian yang telah dilakukan peneliti, lanjutnya, diungkapkan bahwa 50 persen  kapasitas kecerdasan manusia terjadi ketika anak berumur 4 tahun. Kapasitas kecerdasan mencapai 80 persen ketika anak berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi 100 persen ketika anak berusia 18 tahun.

“Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 4 tahun pertama, sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya,” terang Tahroni.
Selanjutnya, perkembangan otak akan berhenti atau mengalami stagnasi. Itulah kenapa masa anak ketika mengenyam PAUD dinamakan masa emas perkembangan. Setelah masa perkembangan ini lewat, berapapun kapasitas kecerdasan yang tercapai oleh masing-masing individu, tidak akan mengalami peningkatan lagi.

Tanggung jawab guru PAUD, lanjutnya, sangatlah besar karena ditangan merekalah anak anak kita yang masih berusia dini dicetak menjadi anak yang berakhlak baik atau sebaliknya.
Ketua panitia, Inti Wijanoko juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta workshop yang sudah mau hadir. Mengingat tempat yang kurang memadai kapasitas, peserta harus rela duduk berdesak desakan sampai berjubel keluar teras auditorium.

Bertindak sebagai narasumber dari Komunitas Peduli Pendidikan Karakter Indonesia (KP2KI) yakni Pranowo, Basar, Jack dan Pipit. Mereka menyampaikan materi cara membuat alat peraga pendidikan dari bahan bekas, senam Paud, sulap edukasi, dan design pembelajaran outdoor.
Workshop yang diikuti 1.300 guru PAUD se Kabupaten Brebes juga dihadiri Ketua HIMPAUDI Kabupaten Brebes Lilis Rohaeni dan undangan lainnya. (Otz/Wsd)

Berita Lainnya
IKLAN  BRBES NEBENG IKLAN SALES MOTOR RADIO THOMSON TEGAL BJB IKLAN
PMI gratisa RADIO THOMSON TEGAL amanah umah thomson radio
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS