background img
bank bjb
Prodi DIII Teknik Komputer PHB Gelar Pelatihan PTK

Prodi DIII Teknik Komputer PHB Gelar Pelatihan PTK

TEGAL - Sebagai bentuk pengabadian kepada masyarakat, Politeknik Harapan Bersama (PHB), Sabtu (9/3) kemarin, menggelar  pelatihan mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada guru-guru SMA dan SMK Negeri di Kota Tegal. Kegiatan tersebut diadakan di Lab Prodi DIII Teknik Komputer Kampus PHB Jalan Mataram No 9 Kota Tegal. Pelatihan menghadirkan tiga narasumber Dosen Prodi DIII Teknik Komputer, yakni Adi Candra Kusuma MKom, Dwi Setia Mujiono MKom dan Ida Afriliana ST MKom.

Ketua Prodi DIII Teknik Komputer PHB Rais SPd M.Kom mengatakan, pelatihan yang diikuti para guru SMAN 3 Tegal, SMKN 3 Tegal dan Musyawarah Guru Teknologi Informasi Komputer (MGTIK) itu merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan civitas akademika PHB di dunia pendidikan. “Kami memiliki kewajiban untuk menjalankan amanah Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” tegas Rais.

Rais merasa bangga, karena kegiatan tersebut banyak mendapatkan respon positif dari para guru. “Alhamdulillah, acaranya berlangsung lancar dan sukses. Respons peserta sangat bagus. Peserta pelatihan sangat antusias menyimak materi-materi yang dipaparkan. Suasana pelatihan juga cukup aktif, karena memang dilakukan di laboratorium, sehingga para guru dapat langsung mempraktikkan materi yang didapat,” ujarnya.

Adi Candra Kusuma menambahkan, tema pelatihan yang dipilih soal PTK, karena tugas seorang pendidik bukan saja mengajar, tetapi harus melakukan penelitian, dalam hal ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Laporan PTK ini menjadi prasyarat kenaikan golongan bagi para guru. Sayangnya, masih banyak guru yang belum bisa melakukan PTK dengan baik.

Bahkan kadang ditemukan laporan yang sama persis antara satu guru dengan guru yang lain alias copy paste. Ini yang akhirnya menjadi penghambat proses pengajuan kenaikan golongan. “Hal inilah yang mendorong kami para dosen untuk memberikan beberapa materi tentang pelaksanaan PTK, desain PTK, pelaporan penulisan PTK agar terhindar dari plagiat serta materi publikasi karya ilmiah,” paparnya sembari menambahkan pelatihan dengan pola 32 jam itu dibimbing tiga narasumber. Selain dirinya, ada Dwi Setia Mujiono M.Kom dan Ida Afriliana ST M.Kom.

Kampus PHB sendiri rutin menggelar pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru. Saat ini, Perguruan Tinggi Swasta dengan 10 prodi ini memiliki jumlah mahasiswa 6.000 orang lebih. Khusus Prodi DIII Teknik Komputer sebanyak 1.070 mahasiswa.

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR