background img
bank bjb
Prodi Kebidanan PHB Bekali Mahasiswa Keterampilan Pijat Akupresur

Prodi Kebidanan PHB Bekali Mahasiswa Keterampilan Pijat Akupresur

TEGAL - Politeknik Harapan Bersama (PHB) kembali melepaskan mahasiswa Program Studi (Prodi) di D3 kebidanan untuk melakukan kunjungan kerja lapangan (KKL) pada Rabu (27/3). KKL kali ini diadakan di Lembang di mana salah satu kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa yaitu Pelatihan Pijat akupresur.

Salah satu Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan kompetensi tambahan.  Prodi D III Kebidanan bekerja sama dengan Aesthetic dan Acupuncture Indonesia (AAI) mengadakan pelatihan pijat akupresur di Hotel Bukit Vipassana. Sebanyak 83 mahasiswa kebidanan mengikuti kegiatan tersebut.

Winda Sari, Akp salah satu pemateri dari Tim AAI menyebutkan, bahwa pijatan akupresur merupakan salah satu teknik tradisional dari china yang dapat diberikan kepada siapapun tidak memandang usia. “Pijatan dapat diberikan pada bayi, balita bahkan kepada ibu dalam kondisi hamil dan menyusui serta saat proses akan melahirkan”, ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenal titik-titik akupresur serta mempraktekkannya secara langsung. Pijat akupresur bisa menjadi alternative intervensi tradisional pada kasus-kasus kebidanan seperti morning sickness (mual muntah), nyeri persalinan, induksi persalinan, serta meningkatkan produksi ASI. Pijat akupresur juga dapat membantu permasalahan bayi dan balita sakit seperti susah makan serta batuk pilek. Tidak hanya itu, pijat akupresur juga dapat diaplikasikan pada kasus infertilitas, hipertensi, permasalahan organ vital seperti jantung, hati dan paru-paru.

Dengan adanya pelatihan ini, Kepala Prodi D III Kebidanan, Nilatul Izah, S.ST, M.Keb mengharapkan, dapat menjadi kompetensi tambahan mahasiswa saat memberikan pelayanan kepada pasien sebagai bentuk gerakan sayang ibu.
Kompetensi pijat akupresure ini juga dapat menjadi bekal mahasiswa dalam membuka usaha di bidang kebidanan yang berbeda dengan pelayanan kebidanan umumnya. “Dengan adanya penandatangan MoU antara Prodi dan AAI membuka kesempatan bagi mahasiswa kebidanan untuk mengikuti pelatihan sejenis di waktu mendatang,” tegasnya

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS