background img
bank bjb
Nga Mural Bareng IKA SMPN 51 Bandung

Hadiana Soeriaatmadja Kepala Bidang PPSMP Disdik Kota Bandung saat membuka acara Mural di SMPN 51 Bandung (Foto : Arus)

Nga Mural Bareng IKA SMPN 51 Bandung

(Point of View Interior Gedung Sekolah)

SINARPAGINEWS.COM, BANDUNG - Tidak semua kegiatan mencorat-coret tembok dimaknai negatif. Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMPN 51 Bandung punya cara sendiri untuk menuangkan kreativitas. Mereka memanfaatkan tembok sekolah sebagai media menggambar dan melukis dalam acara Nga Mural Bareng IKA SMPN 51 Bandung, Sabtu (13/04/2019).

Muhamad Muhtar Guru SBK juga salah satu penggagas dan konselor aksi mural di SMPN 51 Bandung, kepada Sinarpaginews.com mengatakan, salah satu media yang dapat digunakan sebagai alternatif media penyalur aspirasi seseorang atau sekelompok orang adalah seni mural.

“Seni mural adalah seni gambar yang menggunakan media tembok, selain mempunyai nilai estetik juga dapat menyampaikan sebuah pesan edukatif.,” kata Muhtar di SMPN 51 Bandung, Derwati, Sabtu (13/04/2019).

“Kegiatan yang dilakukan hari ini Sabtu (13/04/2019) oleh IKA SMPN 51 Bandung, digagas oleh alumni angkatan 1987 s/d. 1997 berkolaborasi dengan pihak sekolah SMPN 51 Bandung yang terdiri dari para guru, siswa, perupa kota Bandung dan para alumni itu sendiri untuk bersama-sama membuat seni mural disekolah dengan tujuan selain bersilaturahmi sekaligus berkarya bersama membuat mural guna mengedukasi para siswa dan masyarakat pendidikan sekitar untuk mencintai lingkungan,” penjelasan Muhtar.

Menurut Muhtar, para muralis yang ikut pada kegiatan Nga Mural Bareng IKA SMPN 51 Bandung adalah.para alumni yang sudah berprofesi dibidang penggiat desain, pelukis, guru seni budaya, dan para siswa itu sendiri diantaranya : Kiki, Iyus, Widzana, Adi, Dina, Lia, Citra, Bintang, Salsabila, Azkya, M. Rafi, Khansa, Akram, Meisya, Adi Wiguna, Muhamad Muhtar, AM. Mahdar, dan Tuti Sudiarti.

Harapan Muhtar melalui seni mural dapat mengcounter para pelaku aksi vandalisme para siswa dalam aksi curat -coret dinding sekolah bukan pada tempatnya. Juga gambar mural yang dibuat bisa menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat pendidikan didalamnya dan menjadi ‘Point of View’ (Red. sudut pandang) dari sebuah interior gedung sekolah.

“Sebagai guru seni budaya, saya merasa bangga dan terharu atas support para alumni dengan berbagai profesi yang begitu antusias untuk mensukseskan acara ngamural bareng di SMPN 51 Bandung ini. Mulai mulai dari persiapan teknis dan non teknis sampai tahap pelaksanan aksi mural ini. Segala sesuatunya murni dari hasil para alumninya itu sendiri. Semoga pesan yang disampaikan melalui gambar mural ini tersampaikan, selain menambah estetika gedung sekolah juga bisa dipahami betapa pentingnya menjaga lingkungan yang nyaman dan asri dengan ditampilkannya gambar mural ini,” harapan Muhtar.

Dari pantauan Sinarpaginews.com acara berlangsung seru dengan penuh kegembiraan, tampak hadir diantara para tamu undangan, Guru, Tata Usaha, Siswa dan alumni SMPN 51 Bandung, yaitu Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SMP (PPSMP) Hadiana Soeriaatmadja mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SMP Nana Hanadi, Sudarmono Wakapolsek Rancasari mewakili Kapolsek Kecamatan Rancasari, dan Edy Suparjoto Kepala SMPN 6 Bandung.

Dewi Herdiani Panitia Bakti alumni SMPN 51 Bandung dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara Mural dan kegiatan ini sebagai wujud bakti kecintaan alumni kepada almamaternya SMPN 51 Bandung.

“Ini kegiatan pertama alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni SMPN 51 Bandung yang baru saja terbentuk, dengan harapan kegiatan ini akan semakin mempererat ikatan silaturahmi antar alumni dan wujud bakti kami kepada almamater tercinta kami SMPN 51 Bandung,” kata Dewi di SMPN 51 Bandung, Derwati, Sabtu (13/04/2019).

Agus Hidayat Kepala SMPN 51 Bandung sangat bahagia atas terselenggaranya kegiatan Mural, berharap bermanfaat untuk memotivasi adik-adiknya dan kegiatan ini akan mempererat persaudaraan alumni dengan almamaternya.

“Suatu kebahagiaan bagi saya selaku pimpinan di SMPN 51 Bandung. Kegiatan ini berawal dari rekan-rekan alumni yang datang bersilaturahmi ingin menyampaikan suatu niat yang sangat baik. Salah satu diantaranya memberikan apresiasi dalam koridor silaturahmi. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk memotivasi adik-adiknya siswa siswi SMPN 51 Bandung untuk memiliki kreasi yang sama seperti apa yang digoreskan oleh kakak alumninya,” Ujar Agus Hidayat.

“Mudah-mudahan kegiatan silaturahmi ini akan memperpanjang dan mempererat persaudaraan, karena Sabda Rasulallah SAW : Man ahabba an yubsatha lahu fi rizqihi wa yunsa-alahu fi atsarihi fal yashil rahimah’. Barang siapa ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung tali silaturrahim,” harapan Kepala Sekolah SMPN 51 Bandung.

Hadiana Soeriaatmadja Kepala Bidang PPSMP, dalam sambutannya memohon ma’af atas ketidak hadiran Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung yang sedianya akan hadir ternyata ada instruksi pimpinan harus tugas ke Bekasi. Juga apresiasi kepada keluarga besar SMPN 51 Bandung dari Kepala Sekolah, para Guru yang telah berkolaborasi penuh dengan Komite sekolah dan alumni, karena banyak cendikiawan dan orang-orang hebat yang berprestasi terlahir dari SMPN 51 Bandung.

“Yang saya banggakan ibu Dewi dan Pak Gungun Cs yang hari ini punya inisiatif yang luar biasa. Hari ini adalah hari bahagia, selalu kita meminta doa mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua,” ujar Hadiana.

“Agak sedikit merinding kalau melihat bagaimana konten pada hari ini, ada sebuah Mural dinding. Ketika berbicara akademis banyak kaum cendikiawan yang terlahir di SMPN 51 Bandung. Banyak yang berkarakter di bidang masing-masing muncul dari SMPN 51 Bandung yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Hanya satu dari sekian banyak karakter yang muncul, yang bisa saya sebutkan karakter di bidang olah raga yang sekarang sedang Booming yaitu sosok ‘Febri Hariyadi’ Tim inti Persib Bandung.” kata Hadiana dengan bangga.

Dalam pesannya, Hadiana berharap kiprah para alumni akan terus berlanjut, karena sekolah selalu membutuhkan sumbangsih dan kiprah bakti nyata dari para alumni untuk almamater sekolah yang telah membesarkannya.

“Mural adalah sebuah kecintaan dari lingkungan, ketika ini terealisasikan bahwa ruangan ini adalah kondisinya akan bersih sesuai dengan penataan seni, maka wujud kecintaan seni dan kecintaan lingkungan akan muncul ditempat itu. Mudah-mudahan ini adalah cikal dari kita membentuk karakter yang ada di SMPN 51 Bandung;” pungkas Hadiana.

Selanjutnya Kepala Bidang PPSMP mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung membuka acara Mural dengan menggunting pita dan memberikan goresan pertama lukisan di dinding SMPN 51 Bandung. (Hida/Arus)

Berita Lainnya
IKLAN  BRBES NEBENG IKLAN SALES MOTOR RADIO THOMSON TEGAL BJB IKLAN
PMI gratisa RADIO THOMSON TEGAL amanah umah thomson radio
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS