background img
bank bjb
Kadisdik Jabar:  6.840 SMP/Mts di Jabar Laksanakan UNBK

Kadisdik Jabar: 6.840 SMP/Mts di Jabar Laksanakan UNBK

BANDUNG, -- Dari 8.121 SMP/Mts yang akan melaksanakan Ujian Nasional serentak pada Senin-Kamis 22-25 April 2019 di Jawa Barat hanya 84 persen atau sebanyak 6.840 sekolah saja yang akan mengikuti UN BK SMP/MTs. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar Ir. Dewi Sartika di Bandung baru baru ini.

“Dari 8.121sekolah tersebut tidak 100 persen melaksanakan UNBK.Sekolah yang melaksanakan UNBK hanya 84 persen atau sebanyak 6.840 sekolah. Sementara sisanya 16% atau 1.281 sekolah SMP masih UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil).” Ujarnya.

Ditambahkannya  "Adapun untuk MTs di Jawa Barat sudah 100% UNBK," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk sekolah yang melaksanakan UNBK juga tidak semuanya diselenggarakan secara mandiri. Sebanyak 1.068 sekolah SMP melaksanakan UNBK menumpang di sekolah lain, sementara 2.943 sekolah melaksanakan secara mandiri.

Sedangkan pelaksanaan UNBK di MTs secara mandiri sebanyak 2.442 sekolah, dan yang menumpang ada 387 sekolah.Sekolah yang UNBK dilaksanakan tak mandiri bisa menumpang ke SMP, SMA, SMK dan MA, katanya.

Sementara mengenai kendala yang biasanya dihadapi oleh  sekolah melaksanakan UNBK menumpang karena keterbatasan infrastruktur komputer, jaringan internet yang tidak memadai, dan lain sebagainya.

Kendati begitu, Dewi mengatakan dari total yang sudah bisa melaksanakan UNBK tersebut, dibanding UNKP tahun lalu terjadi peningkatan. Tahun lalu,  sekolah yang melaksanakan UNKP SMP/Mts sebanyak 57% Sekolah atau 4.776 SMP/MTs.

Kadisdik yang memeiliki panggilan Ikeu ini juga menyebutkan. Terus mengupayakan meningkatkan mutu pendidikan termasuk dari segi infrastruktur dan pelayanan.

"Kita bersama sama dengan Kadisdik kabupaten kota untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan dari segi infrastruktur dan layananannya itu sendiri," ujarnya.(spn/bd)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS