background img
bank bjb
Bupati: Perkuat Generasi Z Dengan Pendidikan Karakter

Bupati: Perkuat Generasi Z Dengan Pendidikan Karakter

TEGAL - Bupati Tegal, Umi Azizah saat membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 mengatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia haruslah didasari dengan pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang terdidik, terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Pendidikan karakter itu meliputi pembentukan insan yang berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur,” kata Umi, di Lapangan Pemkab Tegal, Kamis (2/5).

Dewasa ini para generasi muda didominasi oleh generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, juga harus dibekali dengan keterampilan dan kecakapan disertai penanaman jiwa kewirausahaan.

Pun demikian, peserta didik juga harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat, dan di tengah hadirnya revolusi industri 4.0 yang semakin canggih, mempengaruhi cara berpikir serta perilaku dan karakter peserta didik.

Umi menyampaikan, pesatnya teknologi digital harus dimanfaatkan oleh para guru maupun pihak sekolah, karena generasi Z lebih mudah dan cepat untuk menerima teknologi. Sehingga mempermudah para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan. Adapun tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan itu harus saling mendukung dan menguatkan,” tegas Umi.

Dengan mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Umi mengajak seluruh pendidik untuk menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi. Sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,” pungkas Umi.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS