background img
bank bjb
SMK NAGRAK Gelar Perpisahan Angkatan Pertama 2018/2019 Tadabur Alam dan Gathering Di Ciwidey

SMK NAGRAK gelar Tadabur Alam & Gathering, perpisahan lulusan angkatan pertama 2018/2019 di Ciwidey (Foto : Arus)

SMK NAGRAK Gelar Perpisahan Angkatan Pertama 2018/2019 Tadabur Alam dan Gathering Di Ciwidey

SINARPAGINEWS.COM, CIWIDEY - Sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang berlimpah, banyak cara dilakukan diantaranya aktivitas di alam melalui kegiatan Tadabur alam. Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran manusia untuk lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati dan fikiran kita dan sebagai rasa syukur atas karunia Allah yang maha luas.

SMK NAGRAK, Sekolah Menengah Kejuruan Swasta berbasis Pesantren Tahfidz Al Quran (Boarding School), beralamat di Jalan Raya Bandung Purwakarta RT. 01 RW. 04 Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, menggelar acara perpisahan antara guru dan murid melalui kegiatan Tadabur Alam dan Gathering selama dua hari yang di kemas dalam acara rekreasi ke obyek wisata bertempat di Villa Nenggeng Kampung Nenggeng Desa Tenjolaya Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, Selasa (30/04/2019) dan Rabu (01/05/2019).

Perpisahan ini digelar setelah semua proses pembelajaran kelas XII tahun ajaran 2018/2019 selesai atau setelah ujian nasional dilaksanakan. Acara ini juga sebagai prosesi pelepasan tangung jawab sekolah terhadap siswa dan menyerahkan siswa ke orangtuanya masing-masing. Para siswa nantinya akan kembali ke orangtua dan masyarakat sebagai sosok pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi maupun berwira usaha atau bekerja.

Acara ini dihadiri oleh 17 siswa lulusan angkatan pertama SMK NAGRAK Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Kepala Sekolah, Ketua Prodi, Guru, Staf Tata Usaha, Pengurus Pesantren Nagrak atau Pesantren Rahmat Lil Alamin (PARLA) dan Pengurus Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA).

Ustad Asep Rahmat, M.Ag selaku Pembina Yayasan YARLA dan Pembina Pesantren Nagrak atau PARLA, dalam sambutannya mengatakan, berakhirnya jenjang pendidikan SMK NAGRAK ini bukanlah akhir perjuangan. Namun ini menjadi awal bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Apa yang di raih saat ini bukan akhir dari sebuah perjuangan yang telah di tempuh selama 3 tahun namun mulai saat ini merupakan titik awal untuk menjalani kehidupan di luar sana mudah mudahan dengan bekal ilmu yang telah di peroleh selama 3 tahun di bangku sekolah bermanfaat untuk siwa siswi SMK NAGRAK untuk menjalani kehidupan di masyarakat baik untuk melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi, bekerja maupun berwirausaha” tutur Asep Rahmat saat menyampaikan sambutanya di Villa Nenggeng, Ciwidey, Selasa (30/04/2019).

“Usahakan selalu bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat-Nya yang luar biasa, sampai di final selesai dari SMK NAGRAK. Karena jumlah awal dari 25 siswa ATPH, kemudian perjalanan waktu membuat sebagian siswa tidak bisa bertahan karena satu dan lain hal. Yang tersisa sebagai pemenang hanya 17 siswa. Dimanapun nanti kalian, alumni SMK NAGRAK, bawa nama baik sekolah ini. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita semua,” ujar Pembina Yayasan.

Senada dengan itu Kepala SMK NAGRAK Asep Mulyana, SP berharap para alumni bisa meraih kesuksesan, tetapi harus mengedepankan sikap rendah hati dan tidak cepat berpuas diri. Mereka juga berpesan kepada siswa kelas XII untuk dapat mengembangkan diri sesuai bakat dan minat.

“Alhamdulillah proses belajar selama 3 tahun telah dilalui oleh siswa siswi SMK NAGRAK. Pelepasan yang dilaksanakan SMK NAGRAK ini semoga menjadi pengantar kami para Guru mengantarkan anak-anak kami ke pintu gerbang kesuksesan. Walaupun acara dikemas dengan sederhana, semoga menjadi kesan yang terus diingat dan menjadikan tali silaturahmi kedepanya tetap terjalin dengan baik,” kata Asep Mulyana.

“Kami minta kepada anaku lulusan angkatan pertama siswa-siswi SMK NAGRAK, agar mengembangkan diri sesuai bakat dan minat kalian. Perlihatkan sifat yang baik kepada orang di luar sana. Buatlah hal itu menjadi ciri khas dari alumni SMK NAGRAK yang Santun dan Berwibawa untuk menjaga nama baik almamaternya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Titin Nurhotimah, SP. Gr selaku Ketua Prodi ATPH SMK NAGRAK menyampaikan rasa suka citanya.

“Teruntuk anak-anak ku Kelas XII ATPH SMK NAGRAK terimakasih telah berjuang bersama melewati berbagai proses pada tahap terakhir sebagai siswa siswii di SMK NAGRAK seperti Ujian Praktek, Ujian Sekolah (USBN-BK), UNBK, dan Ujian Kompetensi Keahlian. Allhamdulillah kalian menjalankan semuanya dengan baik. Pintu gerbang masa depan telah terbuka, terus semangat menggapai cita dan semoga sukses anaku siswa-siswi SMK NAGRAK. Jangan lupa selalu libatkan Allah SWT dalam setiap harapan. ,” ungkap Titin Nurhotimah.

Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA) Ir. H. Asep Ruslan mengatakan, ketatnya persaingan ke depan menuntut para siswa agar selalu mempersiapkan diri lebih baik. Baik itu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun para alumni yang menjadi entrepreneur muda.

“Saya berharap anak-anak ku bisa lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi, namun jika ada yang memilih dunia usaha tekuni dan bekali diri kalian dengan ilmu terutama untuk menghadapi dunia digital. Karena sistem digital berkembang pesat, nantinya hanya orang-orang yang sanggup bersainglah yang bisa menghadapi tantangan yang ada,” kata Asep Ruslan di Villa Nenggeng, Ciwidey, Selasa (30/04/2019).

“Persaingan ke depan akan semakin keras, perkembangan teknologi semakin besar sehingga kami mendorong anak didik kami harus siap menghadapi tantangan masa depan. Kalau kita tidak berbenah diri dengan meningkatkan kompetensi diri, maka tidak bisa bersaing, semua siswa saya harus siap,” tandasnya.

Untuk itu dikatakannya bahwa Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA) lembaga yang menaungi SMK NAGRAK, Sekolah yang menitik beratkan pada pembangunan sumber daya manusia tangguh dalam iman dan taqwa, yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan yang kompetitif dengan tetap mengedepankan nilai-nilai religi yang dilandasi oleh nilai moral Islami. Bukan saja fokus memberikan kompetensi akademik kepada anak didik, namun juga mengajarkan integritas agar anak didiknya menjadi siswa yang cerdas dan beretika.

“Untuk para siswa kelas XII SMK NAGRAK, jika ada kesempatan melanjutkan pendidikan, maka harus semangat mencari ilmu. Bagi anak didik kami yang memiliki passion dibidang usaha, tekuni dan ciptakan lapangan kerja. SMK NAGRAK Bisa dan Hebat. Alumninya Siap Kerja, Santun, Mandiri, Kreatif dan Hafidz Al Quran,” pungkas Ketua Yayasan.

Daftar angkatan pertama alumni SMK NAGRAK tahun ajaran 2018/2019 :
1. Alpin Agustin Pamungkas
2. Arip Hidayat
3. Cucu Sutardi
4. Dina Permatasari
5. Egi Rustiana
6. Febby Ayu Zevasari
7. Harfan Ryadi Hutabarat
8. Neng Rina
9. Ridwan Lesmana
10. Riswandi Friansyah
11. Rosmawati
12. Sandi Auri
13. Sarwan
14. Syifa Awaliyah Nur Aulia
15. Wahyu Hidayat
16. Yani Agustini
17. Yeni Agustini

(Arus)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS