background img
bank bjb
SMPN 51 Bandung Gelar Pesantren Ramadhan 1440 H Gandeng ANNABA

Santri Ponpes Husnul Khotimah, Guru SMPN 51 bersama Ust. Tengku Hanan Attaqi, LC usai tauyiah, Selasa 28/05/2019 (Foto : Arus)

SMPN 51 Bandung Gelar Pesantren Ramadhan 1440 H Gandeng ANNABA

Sinarpaginews.com, Bandung - Sebanyak 699 orang siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 51 Bandung mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan 1440 Hijriah yang dilaksanakan dari tanggal 26 - 30 Mei 2019.

Tujuan kegiatan : Mempererat tali silaturahmi antar pelajar dengan harapan peserta dapat menjadi pemuda dan pemudi millenial agar menjadi tonggak perubahan bangsa dan tidak melupakan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PPSMP Disdik Kota Bandung Dr. H. Hadiana Soeriaatmadja, M.Pd pada hari Minggu pagi (26/05/2019). Dihadiri oleh Drs. Faisal Pengawas Pendidikan Agama Islam Wilayah Bandung Timur, Gungun Gunawan ketua IKA SMPN 51, Drs. Agus Hidayat M.Pd Kepala SMPN 51, Guru dan TU, Anak-anak siswa kelas 7 dan 8 SMPN 51, Asosiasi Santri Husnul Khotimah Asal Bandung Raya (ANNABA) dan anak-anak yatim piatu dari yayasan Lukmanul Hakim, yayasan Al Hidayah dan yayasan Tunas Melati.

Ada yang berbeda dari pesantren Ramadhan yang di gelar tahun ini, karena seluruh panitia kegiatan adalah santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat yang tergabung dalam ANNABA. Bahkan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pesantren Ramadhan 1440 Hijriah ditanggung oleh ANNABA. Pihak SMPN 51 bertindak hanya sebagai pengawas atau pengarah saja.

Oneng, S.Ag., M.Pd guru Agama Islam SMPN 51 salah satu pengawas yang ditemui Sinarpaginews.com di SMPN 51 menjelaskan.

"Untuk pengajar siswa peserta pesantren Ramadhan 1440 Hijriah ini seluruhnya santri dari Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat yang tergabung dalam Asosiasi Santri Husnul Khotimah Asal Bandung Raya (ANNABA). Seluruh panitia kegiatan dan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pesantren Ramadhan 1440 Hijriah ini juga ditanggung oleh ANNABA. Pihak SMPN 51 bertindak hanya sebagai pengawas atau cuma mengarahkan saja. Kita kerjasama antara SMPN 51 dengan ANNABA,” kata Oneng saat kegiatan di SMPN 51, Derwati, Bandung, Selasa (28/5/2019).

Oneng menyebut pihak SMPN 51 yang terlibat adalah Guru agama (Oneng, S. Ag., M.Pd, Dra. Hj. Yuliarti, M.Pd dan Iis Safaah, S.Pd.I) dan Pembantu Kepala Sekolah (Hj. Tuti Sudiarti,S.Pd., M.Ds - Kesiswaan, Drs. Muhammad Muhtar, M.Ds - Kesiswaan dan Yandi Sudarisman, S.Pd., MM - Sarana Prasarana).

Sedangkan dari ANNABA yang menjadi pembimbing anak-anak ada 65 santri terdiri 27 akhwat dan 38 ikhwan dengan ketuanya Muhammad Hafiz.

"Dengan adanya kerja sama ini merupakan suatu hal yang membanggakan dan anugrah bagi SMPN 51 karena acaranya menyenangkan, bervariasi dan kekinian/milenial. Sehingga membuat anak senang karena mendapatkan ilmu dan motivasi dari ustadz yang terkenal seperti ust. Ahmad Heryawan, LC (mantan Gubernur Jawa Barat) dan ust. Tengku Hanan Attaqi, LC dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Semoga kerja sama ini tetap berlanjut untuk masa-masa yang akan datang," harapan Oneng.

Muhammad Hafiz selaku ketua panitia kegiatan dan pembimbing dari ANNABA mengatakan, mereka yang mengajar ini semuanya santri yang berasal dari wilayah Bandung Raya yang tengah menempuh pendidikan di Pontren Husnul Khotimah Kuningan.

"Setiap bulan Ramadhan, santri mendapat waktu liburan yang cukup panjang. Guna mengisi kekosongan selama liburan tersebut santri harus mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat di pesantren ke masyarakat," ujar Muhamad Hafis di SMPN 51 Derwati, Bandung (28/05/2019).

"Santri di Ponpes Husnul Khotimah ini berasal dari berbagai daerah atau wilayah di seluruh Indonesia. Masing-masing wilayah setiap Ramadhan pulang ke daerahnya masing-masing untuk mengadakan semacam pengabdian di daerahnya. Contohnya untuk kami dari wilayah Bandung, Sumedang, Cimahi dan Sukabumi yang tergabung dalam Asosiasi Santri Husnul Khotimah Asal Bandung Raya (ANNABA), mengadakan kegiatannya di SMPN 51 ini dengan nama kegiatannya SENYUMAN (Serunya Menyambut Ramadhan Bersama ANNABA)," pungkas Ketua Panitia. (Arus)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS