background img
bank bjb
Calon Siswa Penerima Beasiswa Otsus Ikut Tes Akademik serentak di 10 daerah Papua

Calon Siswa Penerima Beasiswa Otsus Ikut Tes Akademik serentak di 10 daerah Papua

PAPUA, -- Perekrutan calon siswa unggul penerima beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua 2019, untuk pertama kalinya dilakukan secara terbuka dengan pembahasan mekanisme seleksi yang meliputi Tes Potensi Akademik  (TPA) dan Bahasa Inggris.

Tes secara umum ini dibuka pada, Jumat pekan lalu, oleh Kepala Biro (Karo) Otsus Setda Papua, Aryoko Aryoko F Rumaropen, mewakili Gubernur Lukas Enembe, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II, Jayapura.

Aryoko katakan, para pihak yang dilibatkan dalam proses tersebut diantaranya Kepala Sekolah (Kepsep) SMA/SMK se- Papua, pemerhati pendidikan, akademisi dan instansi teknis terkait pendidikan dan SDM.

Peserta tes TPA dan Bahasa Inggris dipastikan diikuti 1477 siswa dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Papua.

Para siswa ini sebelumnya, telah melalui seleksi administrasi yang dilakukan dalam dua tahap. Dimana tahap pertama, pemberkasan dan seleksi administrasi oleh pihak sekolah (SMA/SMK) dan dengan hasilnya terjaring 2006 siswa.

Dari jumlah itu, berkasnya kemudian dikirim ke provinsi dan diseleksi lagi oleh tim seleksi provinsi dan terjaring 1477 siswa.

“Proses seleksi administrasi kriteria utamanya adalah potensi akademik dan keaslian orang Papua. Hasilnya hari ini 1477 siswa yang berasal dari 29 kabupaten dan kota melanjutkan tes seleksi TPA dan Bahas Inggris,” jelas ia.

Diketahui, tes tersebut berlangsung serentak di 10 daerah meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mimika, Kabupaten Yahukimo.(spn/hum).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4