background img
bank bjb
Mengurangi Anak Putus Sekolah, Pemkot Akan Luncurkan Program “ASELA”

Mengurangi Anak Putus Sekolah, Pemkot Akan Luncurkan Program “ASELA”

TEGAL, -- Untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah yang ada di kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal akan meluncurkan program “ASELA” yakni program Ayo Sekolah Lagi, program ini akan dilakukan melalui Assessment kepada anak dan orang tua oleh Dinas Pendidikan Kota Tegal, untuk mengetahui alasan anak putus sekolah.

Rencana Program ASELA tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat menyampaikan sambutan pada sidang Paripurna DPRD Kota Tegal, sambutan Pengantar Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (RPJMD) kota Tegal tahun 2019-2024, di Ruang Paripurna DPRD Kota Tegal, Senin (15/7).

Program ASELA masuk dalam upaya pencapaian visi dan misi, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dedy Yon dan M. Jumadi yang dijabarkan dalam berbagai program dan kegiatan, termasuk program-program Unggulan yang akan dilaksanakan pada lima tahun mendatang, dan salah satunya di bidang pendidiakan adalah Program ASELA.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal, Johardi melalui Kepala Subbagian Umum dan Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Nur Vera Zenina menyampaikan data Dinas Pendidikan Kota Tegal jumlah anak putus sekolah di tahun 2018 sejumlah 117 anak dan Program ASELA ini menurutnya merupakan implementasi dari kegiatan fasilitasi advokasi pendidikan, dimana mengajak anak-anak putus sekolah untuk kembali bersekolah ataupun anak-anak yang rentan putus sekolah atau hamper putus sekolah.

Ia menjelaskan, program ini dilaksanakan bersama psikolog dimana dilakukan assessment baik terhadap anak yang putus sekolah atau rentan putus sekolah dan orang tua untuk mengidentifikasi alasan penyebab putus sekolah, yang selanjutnya di evaluasi dan diberikan solusi supaya anak kembali sekolah

Di masa kepemimpinan Dedy Yon dan M Jumadi, lima tahun kedepan,  selain program ASELA, khusus dibidang pendidikan Pemerintah kota juga berencana melaksakan program-program unggulan lainnya berupa penyediaan Bis Sekolah Gratis serta Perpustakaan keliling berbasis digitale-book.

 

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS