background img
bank bjb
Puskesmas Derwati, Sosialisasi Program Kesehatan di Masyarakat

drg. Bety Herawaty bersama peserta sosialisasi program kesehatan di Kelurahan Mekar Jaya (Foto: Asep Ruslan)

Puskesmas Derwati, Sosialisasi Program Kesehatan di Masyarakat

BANDUNG - Dinas Kesehatan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat melalui UPT Puskesmas Derwati di Kecamatan Rancasari yang terletak di jalan Raya Derwati No. 38 Bandung, menggelar sosialisasi program program kesehatan untuk masyarakat dengan melibatkan instansi pendidikan, perkantoran, klinik, apotek atau praktek mandiri dan kewilayahan.

Sosialisasi berlangsung di Aula Kelurahan Mekar Jaya kecamatan Rancasari pada Jumat pagi (26/07/2019) dibuka Kepala UPT Puskesmas Derwati drg. Bety Herawaty, dan dihadiri perwakilan Camat Rancasari, kelurahan Mekarjaya, kelurahan Derwati, tokoh masyarakat, klinik/apotek/praktek mandiri/paramedis, SMPN 51, SMPN 48, SMAN 25 dan unsur pendidikan lainnya PAUD/TK/SD.

“Sosialisasi program program kesehatan di masyarakat ini mengundang berbagai instansi seperti : pendidikan, perkantoran, klinik, apotek atau praktek mandiri dan kewilayahan/ kelurahan khususnya Mekarjaya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menjangkau sasaran. Pembahasan mengenai KTR (Kawasan Tanpa Rokok), diharapkan perkantoran, sekolah, tempat layanan publik di wilayah Mekar Jaya bisa memiliki satgas KTR untuk bisa melaksanakan program KTR ini dalam pembinaan dan pengawasan Puskesmas Derwati. Pembahasan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) diharapkan semua lini masyarakat bisa melaksanakan PHBS, dimulai dari sejak dini disekolah-sekolah dengan menerapkan cuci tangan memakai sabun dan air mengalir, dilakukan juga kegiatan Sikat Gigi Bersama,” ungkap Betty kepada Sinarpaginews di Aula Kelurahan Mekar Jaya, Bodogol, Bandung, Jumat pagi (26/07/2019).

PHBS untuk masyarakat diharapkan bisa menerapkan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan kejadian masih banyaknya penyakit Demam Berdarah 2 bulan terakhir.

“Masyarakat masih beranggapan lebih pentingnya fogging padahal fogging hanya memberantas nyamuk dewasa saja sementara tempat tempat di rumah tangga seperti wadah dispenser, penampungan air bersih, vas bunga, tempat minum hewan peliharaan bisa menjadi sumber jentik nyamuk penyebab demam  berdarah. Diharapkan PHBS ini bisa lebih difahami dan diterapkan dalam keseharian masyarakat untuk menjadi lebih sehat fisik serta lingkungannya,” ujarnya.

Pembahasan SBH (Saka Bakti Husada), diharapkan dapat membentuk Pangkalan SBH dalam satu kecamatan diambil dari semua pramuka SMP dan SMA sekecamatan Rancasari. Hal ini bisa terwujd dengan kolaborasi Dinas Kesehatan (Puskesmas), Dinas Pendidikan (SMP/SMA) dan Pramuka.

“Alhamdulillah di kecamatan Rancasari sudah ada SBH di SMP Negeri 48 Bandung yang sudah aktif di Kota bernama pak Suherman, membawa harapan bagi kami bisa mewujudkan Pangkalan SBH Kecamatan Rancasari,” kata Betty.

Terkait pembahasan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

“Program BIAS ini akan dilaksanakan di bulan Agustus 2019 mendatang dengan sasaran kelas 1, 2, dan 5 Sekolah Dasar,” pungkas Bety.

 

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4