background img
bank bjb
FKIP UPS Tegal Adakan Konferensi Nasional Pendidikan

FKIP UPS Tegal Adakan Konferensi Nasional Pendidikan

TEGAL - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Konferensi Nasional Pendidikan Indonesia (Kornaspi) pertama di Auditorium Darijoen Seno Atmodjo di Kompleks Kampus UPS Tegal Jl.Halmahera Km 1 Kota Tegal Sabtu (10/8) ini. Kegiatan Kornaspi ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SMA, dan guru-guru di wilayah ekskarasidenan Pekalongan, selain dihadiri praktisi pendidikan Kornaspi juga dihadiri oleh Pimpinan Rektorat, pejabat struktural, dosen di lingkungan UPS Tegal. Turut hadir pula mahasiswa dari berbagai program studi di lingkungan FKIP UPS Tegal.

Kornaspi merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari lembaga dalam hal ini FKIP UPS Tegal dalam rangka mendiskusikan dan mempublikasikan isu-isu pendidikan seperti kebijakan pemerintah tentang standar pendidikan, desain dan model pembelajaran, kompetensi dan profesionalisme guru, peningkatan karakter kemandirian, dan sebagainya dari berbagai disiplin ilmu. Tema yang kornaspi yang pertama kali ini adalah "Memperkuat Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0" dengan menghadirkan tiga orang pembicara utama.

Pembicara pertama Ir. Sri Renani Panjastuti, MPA yang merupakan Direktur Pembinaan Guru Sekolah Menengah dan Sekolah Khusus Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang akan menyampaikan materi tentang "Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus melalui Program Profesi Guru (PPG)". Pembicara kedua adalah praktisi pendidikan Dr. Parmin, M.Pd. yang merupakan Chief Editor Jurnal Pendidikan Berputasi Terindex Scopus sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahsiswaan FMIPA Unnes Semarang. Beliau akan menyampaikan materi mengenai "Bagaimana Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Artikel Ilmiah".

Pembicara ketiga berasal dari FKIP UPS Tegal Dr. Taufiqulloh, M.Pd. yang juga merupakan review penelitian, yang akan menyampaikan tentang "Model Evaluasi Belajar Berbasis Penilaian Otentik di Sekolah".

Ketua Panitia Pelaksana Kornaspi Dr. Suriswo, M.Pd. menyampaikan bahwa dunia pendidikan sedang mengalami penurunan minat hal ini terlihat hampir disemua FKIP di beberapa universitas. Lebih lanjut Dr. Riswo menyampaikan bahwa peserta Kornaspi ini berjumlah 300 orang peserta. Seluruh pemakalah dalam Kornaspi ini akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding dan jurnal.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dekan FKIP UPS Tegal Dr. Purwo Susongko, M.Pd. menyampaikan bahwa perkembangan FKIP UPS Tegal sangai baik secara SDM doktor yang dimiliki FKIP UPS Tegal bertambah sebanyak 17 doktor.  Selain itu FKIP UPS Tegal telah memiliki 7 program studi dan telah terakreditasi B seluruhnya. Selain itu FKIP UPS Tegal telah memiliki PPG sudah ada lima bidang studi. Target tahun depan PPG akan diproyeksikam memiliki 10 program studi tambahan. Untuk publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa juga memiliki 7 jurnal terakreditasi dikti. Lebih lanjut Dekan FKIP UPS Tegal menyampaikam tahun ini juga  telah melaksanakan program studi S2 pedagogi. Prodi S2 ini akan memperkuat ilmu pendidikan yang sudah ada. Dari publikasi ilmiah mahasiswa sekita 300 artikel telah dimuat dibeberapa jurnal ilmiah.

"Dengan berbagai keunggulan tersebut wajar kami berani mengadakan konferensi pendidikan bertaraf nasional". Ujar Dekan FKIP.

"Kami secara umur dan pengalaman merasa bisa melaksanakan kornaspi ini. Kornaspi akan menjadi identitas FKIP UPS Tegal. Harapan di adakan Kornapsi FKIP UPS Tegal menjadi salah satu pusat kajian atau destinasi ilmu pendidikan pada level nasional". Tambah Dekan FKIP sebelum meunutup pidatonya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPS Tegal Dr. Suyono, M.Pi menyampaikan bahwa publikasi ilmiah merupakan nyawa dari suatu institusi perguruan tinggi. UPS Tegal sangat menyambut baik kegiatan ini untuk terus memberikan sumbangsihnya dalam pengembangan ilmu pendidikan. Sebagai tambahan informasi prodi S2 pedagogi merupakan satu-satunya program magister di Jawa Tengah dan hanya di UPS Tegal. Kemudian FKIP UPS Tegal tahun ini akan memulai menjadi tempat LPD (Lembaga Pelaksana Diklat) kepala sekolah yang bekerja sama dengan Dirjen Guru dan Ketenaga Kependidikan. Untuk angkatan pertama akan didiklat sekitar 300 kepala sekolah dari Kabupaten Tegal.

Acara Kornaspi akan di akhiri dengan sesi presentasi atau sesi paralel dari para pemakalah pendamping sekitar 50 makalah ilmiah. Pemakalah sebagian besar berasal dari praktisi pendidikan guru, dosen dari berbagai universitas di wilayah Jateng dan DIY seperti Unnes Semarang, Universitas Peradaban, UAD Yogyakarta, dan beberapa universitas lainnya.(hid/gus)


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4