background img
bank bjb
Peringati Milad 100 Tahun, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gelar Seminar dan Tasyakuran

Peringati Milad 100 Tahun, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gelar Seminar dan Tasyakuran

Jakarta, -- Tahun ini Taman Kanak-Kanak 'Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) genap berusia 100 tahun. Satu abad usia TK ABA adalah bukti konsistensi 'Aisyiyah kembangkan dunia pendidikan anak yang dilalui dengan suka dan duka.

Perayaan 100 tahun ini akan dijadikan momentum yang baik dan sangat tepat untuk ‘Aisyiyah dalam aksi ber-ta’awun (tolong menolong) dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang ramah anak dan berkualitas. Segala bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka milad ini akan mengarah pada peningkatan kualitas PAUD, berdasarkan ilmu PAUD dari hasil riset terkini dan berbagai rekomendasi praktik PAUD yang terbaik.

Usia 100 tahun bukan usia yang singkat bagi lembaga PAUD, banyak dinamika yang mengiringi penyelenggaraan dan pengelolaan.  Sebagai Lembaga pendidikan swasta yang mampu bertahan ditengah derasnya arus globalisasi sangatlah langka. Konsistensi dan eksistensi pelayanan ini  menjadi bukti atas kredibilitas dan kerja keras serta rasa cinta para pimpinan ‘Aisyiyah di semua tingkatan.  

Mereka semua  adalah orang-orang yang tangguh dalam menjalankan amanah, memiliki kapasitas dalam tata kelola anggota serta amal usaha pendidikan khususnya PAUD.  

Pencapaian usia 100 tahun TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal ini juga tidak lepas dari kontribusi berbagai pihak, selain pengurus Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen, para guru PAUD ‘Aisyiyah dan juga para alumni TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal.

Inshaa Allah, Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dengan bangga, akan menyelenggarakan rangkaian acara dalam rangka memperingati milad 100 tahun TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Rangkaian acara ini akan dilaksanakan bersama, mulai dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang dan ranting.

Usia 100 tahun bukan usia yang singkat bagi lembaga PAUD, banyak dinamika yang mengiringi penyelenggaraan dan pengelolaan.  Sebagai Lembaga pendidikan swasta yang mampu bertahan ditengah derasnya arus globalisasi sangatlah langka. Konsistensi dan eksistensi pelayanan ini  menjadi bukti atas kredibilitas dan kerja keras serta rasa cinta para pimpinan ‘Aisyiyah di semua tingkatan.  Mereka semua  adalah orang-orang yang tangguh dalam menjalankan amanah, memiliki kapasitas dalam tata kelola anggota serta amal usaha pendidikan khususnya PAUD.  

Pencapaian usia 100 tahun TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal ini juga tidak lepas dari kontribusi berbagai pihak, selain pengurus Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen, para guru PAUD ‘Aisyiyah dan juga para alumni TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal.
Inshaa Allah, Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dengan bangga, akan menyelenggarakan rangkaian acara dalam rangka memperingati milad 100 tahun TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Rangkaian acara ini akan dilaksanakan bersama, mulai dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang dan ranting.
 
 RANGKAIAN KEGIATAN MILAD 100 TAHUN TK ABA
 
Berbagai kegiatan telah dirancang dan akan kita laksanakan bersama baik di pusat maupun wilayah dalam rangka memperingati 100 tahun kiprah ‘Aisyiyah dalam PAUD di Indonesia. Berikut kegiatan dan makna kegiatan yang akan dilaksanakan:

1.    Seminar Internasional yang akan diadakan oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah. Seminar International akan diselenggarakan Majelis Dikdasmen PPA yang berkedudukan di Jakarta. Seminar International bertujuan untuk mengangkat dan mengemukakan keilmuan terkini dan terbaik bagi PAUD.
Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 21 – 22 Agustus 2019 bertempat di FKIP Universitas Hamka Jakarta.
 
2.    Tasyakur Akbar 100 Tahun TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal adalah kegiatan yang akan diselenggarakan pada 16 November di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini akan diselenggarakan oleh PP ‘Aisyiyah dan dihadiri oleh pengurus ‘Aisyiyah tingkat pusat, wilayah dan daerah, selain guru dan penggiat  pendidikan serta undangan khusus.

Rincian Kegiatan yang dilakuan adalah sebagai berikut:
a)    Pertunjukan sendratari kolosal guru dan anak.
b)    Pemberian penghargaan kepada guru dan penggiat PAUD Aisyiyah.
c)    Launching buku sejarah TK ‘Aisyiyah dan penyerahan buku Hadiah 100 Tahun PAUD ‘Aisyiyah yang berisikan profil dinamika TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Masa Kini.
d)    Pemutaran video dokumenter TK ‘Aisyiyah.
e)    Penghargaan MURI untuk karya hand printing (cap tangan anak) anak- anak usia dini dari PAUD ‘Aisyiyah se Indonesia yang diharapkan menjadi yang pertama dan terpanjang. Serta cap logo ‘Aisyiyah yang dilakukan oleh anak anak PAUD ‘Aisyiyah se Indonesia.
 
3.    ‘Aisyiyah Education Expo 2019, dilaksanakan di lokasi yang sama pada saat pelaksanaan Tasyakur Akbar, pameran ini bertujuan menunjukkan berbagai alat permainan edukasi, buku-buku, dan berbagai hal yang berkenaan dengan kebutuhan anak terhadap gizi dan nutrisi, yang baik untuk anak. Setiap wilayah juga akan diberikan anjungan (booth pameran) yang dapat memamerkan karya dan kiprah PAUD dari tiap daerah.
 
4.    Gerakan Philanthrophy 100 Tahun TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal  akan dilakukan dengan menggalang dana sepanjang tahun dari berbagai bidang bisnis dan industri serta perbankan maupun perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Penjualan barang merchandise 100 tahun TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal juga akan dilakukan secara nasional untuk menggalang dana. Selain itu donasi individu maupun kontribusi korporasi juga akan diharapkan untuk membantu.
 
5.    Pemberian Penghargaan kepada Pendidik PAUD dan Penggiat PAUD ‘Aisyiyah akan dilaksanakan pada saat berlangsungnya tasyakur akbar.

Dalam kesempatan yang sama, Ditjen PAUD Kemendikbud Muhammad Hasbi memuji konsistensi peran ‘Aisyiyah dalam 100 tahun membangun peradaban. Menurut Hasbi, sedikitnya 20.000 TK ABA yang tersebar mencakup 20 persen peran Muhammadiyah dalam pendidikan anak usia dini.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mencatat di beberapa pulau terluar seperti Natuna dan lainnya, bahkan TK ABA ditemuinya berdiri di tengah keterbatasan dan menjadi satu-satunya alternatif.

“Di setiap daerah yang ada ‘Aisyiyahnya mesti berdiri TK ABA, tidak peduli ada uangnya atau tidak,” puji Rita terhadap militansi pengamalan perempuan ‘Aisyiyah.

“Ibu-ibu ‘Aisyiyah selalu punya komitmen untuk menaikkan kualitas. Ada yang cuma modal sendiri, ada yang cuma modal semangat, tapi tetap saja tujuannya sama, yaitu panggilan agama untuk membangun bangsa. Karena kami yakin mendidik mereka, anak-anak usia dini itu akan melahirkan negara yang tentram aman dan diberkati Tuhan, baldatun tayyibatun wa rabbun ghaffur,” sambung  Ketua PP ‘Aisyiyah Masyithoh Chusnan.

Peringatan Milad 100 tahun TK ABA sedianya akan dilakukan di rentang akhir Agustus hingga September 2019 melalui berbagai kegiatan seperti Seminar Internasional, Tasyakuran yang melibatkan pengurus TK ABA Seindonesia beserta pemecahan rekor MURI, EXPO Pendidikan, Gerakan Filantrofi, dan Pemberian Penghargaan kepada Pendidik PAUD dan Penggiat PAUD ‘Aisyiyah.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS