background img
bank bjb
Pelaksanaan Pembinaan Sekolah Model Adiwiyata Tingkat SD dan SMP Se-Kabupaten Humbang Hasundutan

Pelaksanaan Pembinaan Sekolah Model Adiwiyata Tingkat SD dan SMP Se-Kabupaten Humbang Hasundutan

Humbahas, -- Sosialisasi  dan Pembinaan Adiwayata dikhususkan kepada 20 sekolah yang menjadi binaan sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Humbang Hasundutan yang dilaksanakan di Aula Huta Mas Kompleks Perkantoran Tano Tubu, Rabu 21/8. Masing-masing diwakili oleh siswa/i dan juga Kepala Sekolah yang ada . Mereka hadir  dalam rangka undangan dari Dinas Lingkungan Hidup melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan, yang menjadi Pembina.

Hadir, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.SE, Kadis Lingkungan Hidup Humbahas Ir. Minrod Sigalingging, Dinas Pendidikan Humbahas Drs.Joni Gultom,
Ass Ekonomi dan Pembangunan, para kepala sekolah, dari Lingkungan Hidup Propsu Linda Juliana.SH Jabatan Fungsional Pedal Madya, Nurlely Hasibuan, A.Md Staf BPPKL

Laporan dari panitia pelaksana yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Humbahas Ir. Minrod Sigalingging. menyampaikan bahwa pembinaan sekolah model adiwiyata hertujuan membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang dan juga yang akan datang .
Peserta kegiatan pembinaan sekolah model adiwiyata berjumlah 20 sekolah , tiap sekolah mengirimkan 8 peserta terdiri dari kepsek, 4 guru dan 3 siswa setingkat SD dan SMP . Dari kegiatan pemetaan sekolah pada Dinas Lingkungan Hidup Kab. Humbahas T.A. 2017 dan 6 sekolah tingkat SLTA di Kab. Humbahas, dan sebagai nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provsu .

Sambutan Bupati Humbahas  menganjurkan giat bersih untuk mewujudkan Humbahas sehat menuju Humbahas Hebat, agar Kabupaten Humbahas jangan lagi mengkonsumsi botol Aqua , dan juga tidak sembarangan untuk membuang sampah dan puntung rokok, marilah kita membiasakan diri membuang sampah dengan baik ,  jaga kebersihan diri sendiri, kebersihan harga mati buat Humbahas , harapan kita semua semoga sampah yang kita kumpulkan bisa menjadi bahan yang berharga sehingga dapat menghasilkan  pupuk organik buat para petani .

Dalam arahan Linda Julyana.SH menyampaikan Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia nenuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju pembangunan berkelanjutan.

Pembinaan Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDA dalam pengelolaan program Adiwiyata, meningkatkan pencapaian kinerja pengelolaan Adiwiyata baik Propinsi maupun Kabupaten, termasuk sekolah dan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut disampaikan Linda , materi tentang program Adiwiyata serta menyampaikan 4 komponen dan 8 standar untuk menuju sekolah Adiwiyata. Mendidik siswa untuk peduli tentang sampah, air, dan pohon. Jika ketiga hal tersebut sudah diterapkan dan didukung sekolah maka lingkungan sekolah akan menjadi nyaman untuk kegiatan belajar mengajar dan menjadi salah satu dukung keberhasilan pelaksanaan program  sekolah dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan juga meningktakan kepercayaan dan daya dukung masyarakat kepada sekolah.  Sekolah Adiwiyata bukanlah sebuah lomba untuk menang atau kalah tapi juga sebuah kewajiban karena lingkungan yang kita tempati harus kita jaga kelestariannya.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang telah menerapkan system dengan bermaksud demi untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Pembinaan Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia dalam pengelolaan program adiwiyata serta meningkatkan pencapaian kinnerja pengelola adiwiyata baik dipropinsi maupun dikabupaten/kota termasuk sekolah dan masyarakat sekitarnya .

Standard Kriteria Penghargaan Adiwiyata meliputi 4 aspek, yaitu  Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan hidup. Aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup,
Aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif, Aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup.

Reporter : B.Nababan

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS