background img
bank bjb
Fakuktas Teknik UPS Tegal Melepas 77 Calon Wisudawan

Fakuktas Teknik UPS Tegal Melepas 77 Calon Wisudawan

TEGAL - Fakultas Teknik (FT) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melepas 77 calon wisudawan di Auditorium Darioen Senoatmodjo Komplek kampus UPS Tegal Jl. Halmahera km 1 Kota Tegal, Selasa (10/9).

Pelepasan tahun ini FT UPS Tegal melepas mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Dari Program Studi Teknik Mesin D3 meluluskan sejumlah 12 calon wisudawan, dari Program Studi Teknik Industri S1 sejumlah 19 calon wisudawan, dan dari Program Studi Teknik Mesin S1 sejumlah 42 calon wisudawan, serta 1 orang calon wisudawan dari Prodi Teknik Sipil jenjang S1. Turut hadir dalam kesempatan tersebut seluruh Dekan, pejabat struktural di lingkungan UPS Tegal, dan tamu undangan.

Untuk tahun ini lulusan terbaik FT di raih dari calon wisudawan dari Prodi Teknik Sipil S1 atas nama Nadya Shafira Salsabila dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,95 judul skripsi "Optimalisasi Waktu dan Biaya Proyek dengan Metode Crash Program" dengan lama studi selama 4 tahun.

Lulusan terbaik dari Prodi Teknik Mesin S1 atas nama Fifi Fauziyah Yasmin dengan IPK 3,36 dengan judul skripsi "Analisis Kecepatan Motor Stepper pada Mesin CNC Mini Plotter 2 Axis Tinta dan Laser Berbasis Microcontroler". Lulusan terbaik dari prodi Teknik Industri S1 atas nama Inayatu Amanah dengan IPK 3.84 judul skripsi "Rancangan Bangun Kompor Briket Portable dengan Sensor Suku Berbasis Arduino dengan Metode Kansei Engineering". Lulusan terbaik dari Prodi Teknik Mesin jenangan D3 atas nama Nurifani Is Septiawan dengan IPK 3,41 judul skripsi "Sistem Kelistrikan Power Window pada Mobil KIA Visto".

Dekan FT Dr. Agus Wibowo, M.T menyampaikan bahwa judul skripsi tahun ini mengusung tema yang sangat apik dalam pengembangan program yang belum ada maupun inovasi dari penelitian terdahulu. Lebih lanjut Dr. Agus menyampaikan bahwa tahun ini FT mendapatkan prestasi dengan memeroleh dana sebesar 27 juta rupiah melalui program hibah PHDB.

"Mahasiswa FT bersaing dengan dari seluruh Indonesia, dan akhirnya berhasil mendapatkan pendanaan. Dari ratusan perguruan tinggi hanya 70 perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan tersebut di seluruh Indonesia". Terang Dr. Agus.

Selain itu tahun ini mahasiswa berhasil membuat mesin CNC hal ini sangat membanggakan karena tidak semua perguruan tinggi mampu membuatnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum menyampaikan bahwa calon wisudawan diharapakan mampu menghadapi tantangan di era industri 4.0 ini, semoga ilmu yang telah dipelajari dapat berguna dan bermanfaat bagi masayarakat luas.

Selain acara pelepasan calon wisudawan acara tersebut juga diisi penyamlaian materi dari dosen senior FT Mustaqim, M.T yang menyampaikan paparan dengan tema "Berharap Dunia Menjadi Hijau". Dalam paparannya Mustaqim memberikan ilustrasi rusaknya dunia dengan berbagai racun yang berasal dari mesin dan bahasn bakar fosil.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam dan resemonial pelepasan calon wisudawan untuk dilepas ke tingkat Universitas tanggal 21 September 2019. Acara kemudian ditutup dengan doa dan pemberian selamat oleh seluruh tamu undangan kepada calon wisudawan.(hid/gus).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4