background img
bank bjb
FKIP UPS Tegal Dipercaya Kemendikbud Beri Pembekalan Kepada Kasek Di Jateng

FKIP UPS Tegal Dipercaya Kemendikbud Beri Pembekalan Kepada Kasek Di Jateng

TEGAL, -- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kembali memeroleh kepercayaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memberi pemebekalan kepada kepala sekolah (Kasek) di Wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya.

Sebelumnya Kemendikbud juga telah memberikan kepercayaan kepada FKIP dengan pelaksanaan PPG Prajab di UPS Tegal yang telah dilaksanakan sampai lima angkatan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 6 Tahun 2018 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah mewajibkan kepala sekolah untuk mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah untuk memperoleh Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP). Pelaksanaan Diklat tersebut dengan pola bantuan pemerintah dengan kerja sama antara LPPKS dengan penyelenggara Diklat (LPD) yang ditetapkan oleh SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

FKIP UPS Tegal mendapat kepercayaan sebagi mitra  LPPKS untuk mengadakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah di Wilayah Kabupaten Tegal sebanyak 4 tahap dengan jumlah 415 Kepala Sekolah TK, SD, dan SMP. Kegiatan tersebut dilakakuan selama 8 hari mulai tanggal 10 s.d 17 September 2019 di Hotel Premiere Kota Tegal.

Dalam pembukaan acara Diklat tersebut Kepala LDP FKIP UPS Tegal Dr. Suriswo, M.Pd. menyampaikan bahwa LPD FKIP UPS Tegal memperoleh peserta diklat sebanyak 415 Kepala sekolah yang terbagi menjadi 3 angkatan. Angkatan pertama berjumlah 138 peserta dengan rincian Kepala Sekolah TK 52 orang Kepala sekolah SD 86 orang yang berlangsung dari tanggal 10 s.d17 September 2019.  Angkatan kedua akan dilaksanakan tanggal 23 s.d 30 September 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 138 Kepala Sekolah. Angkatan ketiga akan dilaksanakan tanggal 3 s.d 10 Oktober 2019 dengan peserta sebanyak 139 Kepala Sekolah.

"Narasumber untuk angkatan pertama ini berasal dari LPPKS dan Kepala Dinas Kab. Tegal serta 4 orang pengajar diklat dari UPS Tegal dan 4 orang dari Dinas Dikbud Kab. Tegal", terangnya.

Terpisah, Dekan FKIP Dr. Purwo Susongko, M.Pd. menyampaikan bahwa untum angkatan ini FKIP baru akan melakukan diklat untuk kepala sekolah TK, SD, dan SMP terlebih dahulu dan baru diberi jatah untuk wilayah Kabupaten Tegal. Dengan diklat ini kepala sekolah akan mendapatkan STTP dan menjadi manajemen di sekolah masing-masing dalam peningkatan kualitas pelayanan di sekolah.

"Kepala Sekolah akan menjadi profesi yang berbeda dengan Guru biasa tanpa penugasan. Dengan diklat ini Kepala sekolah akan lebih menjalankan tugasnya secara fungsional". Terangnya.

Para peserta Diklat kepala sekolah akan mendapatkan materi berkaitan dengan literasi digital, penguatan manajemen kepala sekolah, pengelolaan keuangan, dan rencana pengembangan sekolah. Kegiatan Diklat kepala sekolah di awali dengan registrasi, kegiatan awal sambutan dan pembukaan, pelaksanaan diklat, evaluasi diklat, dan kegiatan akhir diklat berupa postes. Semua peserta diklat akan menggunakan pembelajaran berbasis workshop dan menggungunakan metode ICT.(hid/gus).

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4