background img
bank bjb
Mang Geo di SMAN 26 Bandung: Generasi Muda Harus Bangkit Taklukan Dunia

Siswa SMAN 26 Bandung Saat Mengikuti Pembinaan Literasi, Jumat (13/9). Foto: Dimas Madia

Bangun Semangat Pelajar Ciptakan Karya Bangsa

Mang Geo di SMAN 26 Bandung: Generasi Muda Harus Bangkit Taklukan Dunia

Wartawan: Dimas Madia
 
BANDUNG - Tokoh Literasi Nasional Geovani Van Rega yang akrab disapa Mang Geo memberikan pengarahan literasi kepada seluruh siswa - siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 26 Bandung, Jumat (13/9).
 
"Generasi Muda Haruslah Bangkit Taklukan Dunia", Begitulah intisari pengarahan literasi yang dibawakan oleh Mang Geo kepada siswa - siswi tersebut diarea terbuka lapangan sekolah. 
 
Selain Tokoh Literasi Nasional, pada acara gebyar literasi itu, panitia SMAN 26 menggandeng Pesantren Yatim Dhuafa Alkasyaf sebagai media motivasi bagi siswa yang berjumlah 900 orang pelajar itu. 
 
 
 
Dalam arahannya, Mang Geo mengajak agar seluruh siswa terus bangkit, berfikir besar, berkarya besar untuk membangun bangsa Indonesia ini.
 
"Seperti halnya, nabi Muhammad Saw sangat besar perhatian dan harapannya kepada pemuda," kata Mang Geo, disambut sikap optimisme para pelajar mendengar arahannya.
 
Salah satu hasil karya pemuda, kata Mang Geo, 67% dari hadist yang digunakan umat islam itu diriwayatkan oleh golongan muda pada saat rasul masih ada.
 
"Pemuda perawi hadist itu adalah Abu Hurairah r.a, Aisyah r.a, Abdulah bin Umar r.a, Anas Bin Malik r.a dan ada banyak lagi lain daripada itu," jelasnya.
 
Tidak lupa juga dengan para Nabi, Mang Geo menggambarkan seperti Nabi Ibrahim As yang masih muda ketika menghancurkan berhala,
 
Nabi Yusuf ketika menghadapi Zulaikha dan Nabi Daud mereka adalah anak muda dizaman nya yang mempunyai keimanan tinggi.
 
Mang Geo menjelaskan, bahwa anak muda haruslah memiliki pertanyaan besar. Karena pertanyaan besar akan lahirkan tindakan dan karya besar.
 
"Bill Gate, Kolonel Sander, Steve Job, Einstein, adalah mereka yang berfikir besar maka jadinya karyanya akan besar," tuturnya. 
 
Generasi muda harus berani mandiri, berani terampil, berani berfikir besar, jangan terjebak dengan kemalasan, keraguan, ketakutan dan juga harus tangguh dari pengaruh game online. 
 
"Seperti game online, kalau perlu semua game hapus saja," tegas Mang geo. 
 
Selain itu, diacara tersebut diadakan donasi untuk pesantren yatim dan dhuafa alkasyaf yang dibimbing oleh Panitia acara H. Edi sebagai staf pengajar guru agama SMAN 26 Bandung.
 
Pada kesempatan yang sama, pembina literasi SMAN 26 Bandung, Rosita mengatakan, gebyar literasi ini merupakan kegiatan bulanan SMAN 26 Bandung.
 
"SMAN 26 akan menjalin silaturrahim dalam bidang literasi di alkasyaf, berbentuk homestay atau kemah literasi di alkasyaf," kata Rosita kepada media.
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4