background img
bank bjb
Lulusan FKIP Dikenalkan PPG dan Pendidikan Pedagogi

Lulusan FKIP Dikenalkan PPG dan Pendidikan Pedagogi

TEGAL - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melepas 307 calon wisudawan di Auditorium Darijon Atmoatmdjo, komplek kampus UPS Tegal, Rabu (18/9). Dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua YPP Tegal, Rektor UPS Tegal, pejabat struktural, tamu undangan, dan seluruh dosen di lingkungan UPS Tegal.

Lulusan terbaik FKIP diraih dari Prodi Pend. IPA atas nama Mutiara Safitri dengan IPK 3,74 dengan judul skripsi "Keefektifan Implementasi Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP". Mutiara menyelesaikan masa kuliah dengan predikat cummelud dengan masa studi 4 tahun.

Lulusan terbaik tiap Prodi di FKIP diraih pula oleh Tri Endah Sulistiani dari Prodi BK dengan IPK 3,53 masa studi 4 tahun. Lulusan terbaik dari Prodi PPKn diraih oleh Dian Ari Susanti dengan IPK 3,55. Lulusan Prodi PE diraih oleh Putri Setianingrum dengan IPK 3,53. Lulusan terbaik Prodi PBSI diraih oleh Diah Ayu Febrianie dengan IPK 3,59, sedangkan lulusan terbaik Prodi PBI diraih oleh Ayu Setyoningrum dengan IPK 3,69. Lulusan terbaik dari Prodi PMTK diraih oleh Zakiah dengan IPK 3.77. Seluruh wisudawan terbaik tahun ini berhasil lulus dengan lama studi selama 4 tahun.

Tahun ini lulusan FKIP diberi bekal dan informasi terkait program profesi guru (PPG) agar lulusan FKIP memiliki dan dapat mengembangkan kompetensi guru yang profesional di abad 21. Materi tentang PPG disampaikan oleh Dr. Agusti Tamrin, M.Pd.M.Si. yang merupakan Koordinator PPG Nasional dan menjabat sebagai Direktur PPG di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Dalam keterangannya Dr. Agusti menyampaikan bahwa lulusan dari FKIP tidak dapat langsung menjadi guru, lulusan harus mengikuti program PPG.

"Salah satu Program PPG ada di UPS Tegal. Dari ribuan perguruan tinggi di seluruh Indonesia hanya 64 perguruan tinggi yang dipercaya mengelola PPG, salah satunya UPS Tegal". Lanjut Dr. Agusti.

Lebih lanjut Dr. Agusti menyampaikan lulusan FKIP UPS Tegal diharapkan menjadi guru yang memesona yang kehadirannya selalu dinanti dan ditunggu siswanya serta disedihkan jika tidak hadir di dalam kelas. Oleh karena itu, perlu lulusan FKIP memiliki kompetensi profesional sebagai bekal saat berprofesi sebagai seorang guru.

"Diharapkan Program PPG FKIP UPS Tegal menjadi kawah candradimuka untuk menghasilkan guru bermartabat dan profesional". Tutup Dr. Agusti dalam paparannya.

Selain itu, dalam pelepasan tersebut Ayu Setianingrum dalam kesannya turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dosen dan semua tenaga kependidikan di FKIP sehingga dapat lulus dengan baik dan tepat waktu. Tak lupa Ayu juga mengajak untuk berterima kasih kepada orang tua yang telah mendukung belajar dan dukungan moral serta semangat sehingga kami bisa berhasil lulus.

"Terima kasih kepada almamater kuning selama empat tahun banyak pengalaman dan pembelajaran yang telah kami alami dan rasakan. Semoga UPS makin jaya". Ayu menutup kesan dan kesannya.(hid/gus).

Keterangan foto: Dekan FKIP UPS Tegal tengah menyampaikan sambutannya dihadapan ratusan calon wisudawan FKIP UPS Tegal.


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4