background img
bank bjb
Wisuda Unindra ke-72 , Rektor Ingatkan Pentingnya Daya Saing di Era revolusi industri

Wisuda Unindra ke-72 , Rektor Ingatkan Pentingnya Daya Saing di Era revolusi industri

JAKARTA, – Memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditengarai akan menggusur banyak tenaga kerja yang ada dan mempersempit peluang pekerjaan harus segera dipikirkan bersama. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), Prof. Dr. Sumaryoto dalam acara wisuda ke-72 semester genap 2018-2019 yang diikuti sebanyak 1129 wisudawan, Rabu (13/11/2019) di TMII Jakarta.

“Yang harus kita fikirkan adalah bagaimana lulusan kita berdaya saing dan ini barangkali yang harus ditelaah bersama,” ujar Sumaryoto.

Sumaryoto menilai, pendidikan di Indonesia yang masih relatif muda dan belum bisa bersaing dengan negara lain yang relatif lebih maju harus disikapi secara tepat yaitu bagaimana agar bisa bertahan di negeri sendiri sehingga arus tenaga kerja dari luar bisa dibendung. Oleh karena itu, jika nanti ada perubahan kurikulum, seharusnya Kementerian yang ada harus berkoordinasi dengan kementerian yang lain, setidaknya antara Kemdikbud dengan Kementerian tenaga kerja.

“Tidak bisa berjalan sendiri karena tujuan dibentuknya Indonesia ada dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. UUD 1945 sebagai sumber hukum tertulis harus dilaksanakan oleh semua unsur dan aparatur pemerintah,” jelas Sumaryoto.

Ia menambahkan, menghadapi era revolusi industri 4.0 seiring dengan masih lemahnya daya saing di tingkat internasional, tidak serta merta mengubah kurikulum, namun sebelumnya harus diteliti apa penyebabnya dan dimana kelemahannya serta apa sasaran kedepan.

“Tentunya ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Kita sebagai lembaga pendidikan tinggi hanya melaksanakan aturan-aturan,” pungkasnya.

Sementara saat Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr Hasbullah MPd, selaku dosen dan Wakil Dekan Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI dengan mengangkat tema “Blended Learning Trend Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam acara turut hadir pula Kepala LL Dikti Wilayah III, PB PGRI, pengurus yayasan dan dewan kurator Unindra. Adapun mahasiswa yang di wisuda kali ini berjumlah 1.129 mahasiswa yang terdiri dari 143 mahasiswa program pascasarjana (S2) dan 986 mahasiswa program sarjana (S1).

Berikut adalah rincian mahasiswa yang mengikuti wisuda: Mahasiswa program sarjana (S1): Fakultas Bimbingan dan Konseling 60 orang. Fakultas Pendidikan Ekonomi 237 orang. Fakultas Teknik Arsitektur 5 orang. Fakultas Pendidikan Sejarah 15 orang. Fakultas Pendidikan Matematika 106 orang. Fakultas Pendidikan Biologi 26 orang. Fakultas Pedidikan Fisika 11 orang.

Fakultas Teknik Informatika 233 orang. Fakultas Teknik Industri 24 orang. Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris 140 orang. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 65 orang. Fakultas Desain Komunikasi Visual 64 orang. Mahasiswa program pascasarjana (S2): Fakultas Pendidikan IPS 38 orang. Fakultas Pendidikan Bahasa Indonesia 24 orang. Fakultas Pendidikan MIPA 43 orang. Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris 38 orang.

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4