background img
bank bjb
Pramuka Saka Wira Kartika Sebagai Wadah Bela Negara

Pramuka Saka Wira Kartika Sebagai Wadah Bela Negara

BREBES - Dalam rangka mengembangkan pendidikan Bela Negara khususnya kepada para pemuda, Koramil 16 Larangan dibawah jajaran Kodim 0713 Brebes membentuk dan mengukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan Bela Negara. bertempat di Koramil, Sabtu (16/11).
 
Dalam pelaksanaan pengukuhan Pramuka Saka Wira Kartika ini sebelumnya dilakukan pelatihan-pelatihan, yang berhasil akan dilantik dan mendapatkan Badge Saka Wira Kartika.
 
Saka Wira binaan Koramil Larangan ini  sebanyak 29 orang peserta, dengan Pembina atau Pamong Saka Serka Sugiyono beserta 3 orang personil Babinsa koramil lainnya, mengambil lokasi di sekitar wilayah kecamatan Larangan Kabupaten Brebes dengan melaksanakan kegiatan ujian dan pelantikan saka Pramuka Wira Kartika, materi yang diberikan oleh antara lain 5 Krida dan pembuatan jerat/perangkap dan pengenalan jenis tumbuhan serta Hewan/Binatang yang bisa dimakan.
 
Menurut Komandan Koramil Kapten Infanteri Yatno melalui Bati Tuud Pelda Sugiyarto yang menutup acara pengukuhan tersebut bahwa “ Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.
 
Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai. tutur Bati Tuud.
 
Dari kegiatan tersebut harapannya dari anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini bisa di salurkan di kalangan generasi muda bangsa Indonesia yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan dalam melanjutkan perjuangan bangsa yang berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka.(hid/utsm).

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4