background img
bank bjb 1
Pelantikan Pecinta Alam Rimbawan Muda SMK Negeri 4 Garut

15 orang anggota baru Pecinta Alam Rimbawan Muda SMKN 4 Garut angkatan ke-6 Schima wallichii (Pohon Puspa) yang baru dilantik (SPN/Asep Ruslan)

Angkatan Ke-6 Schima wallichii (Pohon Puspa)

Pelantikan Pecinta Alam Rimbawan Muda SMK Negeri 4 Garut

Alam mengajarkan kebersahajaan, batas kekuatan dan kelemahan diri yang berujung pada kerendahan hati dan penghargaan kepada orang lain. Alam juga mengajarkan rasionalitas dan kejujuran bersikap, sehingga tumbuh menjadi pribadi yang matang dan punya integritas.

GARUT - Sebanyak 15 peserta kaderisasi pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) ekstrakulikuler pecinta alam SMK Negeri 4 Garut dilantik menjadi anggota baru Rimbawan Muda angkatan 6 yang berlangsung di Kampus SMK Negeri 4 Garut Jl. Raya Karangpawitan No.122, Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (2/1/2020).

Diklatsar Rimbawan Muda angkatan Ke-6 tersebut diikuti oleh 39 peserta, digelar selama lima hari di hutan kawasan Cibeureum Kamojang kabupaten Garut dari tanggal 29 Desember 2019 -  2 Januari 2020 dengan komandan lapangan Dadan.

Vegie Budriadi, S.Hut biasa dipanggil Egot Rimbawan selaku Pendiri Rimbawan Muda dan juga Kepala program jurusan kehutanan di SMK Negeri 4 Garut, kepada Sinarpaginews mengatakan, semua peserta dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah semua peserta berangkat dan pulang dengan selamat dan sehat,” ujar Egot.

Penuturan Egot, materi dalam Diklatsar Kaderisasi Rimbawan Muda ini lebih terorientasi ke pelatihan teknik hidup di alam bebas seperti : 1. Management perjalanan pencinta alam, 2. Navigasi darat (ilmu Medan peta dan kompas), 3. Survival, 4. Teknik SAR dan 5. Penguatan Keorganisasian. Dari 39 pendaftar Diklatsar, yang lolos sampai pelantikan hanya 15 peserta.

Pecinta Alam Rimbawan Muda SMKN 4 Garut, manusia tangguh, matang dan integritas kebanggaan almamaternya (SPN/Asep Ruslan)

“Secara umum kondisi semua peserta dan panitia baik. Untuk siswa paling hanya mengalami telapak kaki lecet, tapi bisa menyelesaikan semua materi diklatsar dengan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada semua panitia yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini : H. Hendri, STP, MM selaku Pelindung Rimbawan Muda, Abdul Japar Sidik, S.Hut Pembina Rimbawan Muda, MPKA Rimbawan Unwim, Pecinta Alam LIMPA STIKES Karsa Husada Garut, Perum Perhutani KPH Garut, Kampus SMK Negeri 4 Garut, Sinarpaginews, para donatur, Panitia dan semua anggota Rimbawan Muda SMK Negeri 4 Garut,” tambahnya.

Harapan Egot, Rimbawan Muda ini semoga menjadi manusia tangguh dan dapat bermanfaat.

“Duh bingung kang susah diungkapkan dengan kata-kata. Intinya abdi salut, haru dan bangga kepada mereka. Saya berharap semoga kelak Rimbawan Muda ini menjadi manusia tangguh, bermanfaat bagi nusa, bangsa  dan agama. Sehingga mereka menjadi kebanggan bagi almamaternya,” pungkasnya.

Penyematan Syal Rimbawan Muda oleh kepala sekolah SMKN 4 Garut, H. Hendri (SPN/Asep Ruslan)

H. Hendri, STP, MM selaku pelindung Rimbawan Muda yang juga Kepala sekolah SMK Negeri 4 Garut, pada acara penyematan tanda anggota Rimbawan Muda, mengaku bangga karena sampai saat ini sudah ada 6 angkatan Rimbawan Muda. Berharap kepada para anggota baru dan anggota Rimbawan Muda lainnya agar bisa eksis memajukan organisasi dan bisa menjaga serta mengharumkan nama organisasi dan SMK Negeri 4 Garut.

“Anggota Rimbawan Muda yang baru dilantik ini harus memiliki jiwa dan kepribadian pecinta alam yang sejati, yang bisa membawa nama baik organisasi, dan kampus SMK Negeri 4 Garut. Ini adalah awal dari proses pembinaan organisasi, mudah-mudah anggota muda ini bisa aktif diorganisasi dan mengharumkan nama organisasi,” katanya.

Pecinta Alam Rimbawan Muda SMK Negeri 4 Garut lahir 7 Februari 2016, sampai sekarang anggotanya mencapai 155 orang dari total 6 angkatan.

  1. Panthera tigris (Harimau)
  2. Panthera pardus (Macan Tutul)
  3. Rhinoceros sondaicus (Badak Jawa)
  4. Elephas maximus (Gajah)
  5. Nisaetus floris  (Elang Flores)
  6. Schima wallichii (Pohon Puspa)

Simak Video Pecinta Alam Rimbawan Muda SMKN 4 Garut :

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Beebopp pa erwin ASEP PRESIDEN purwakarta 2