background img
bank bjb
SMP Negeri 51 Bandung Sukses Gelar Pentas Seni

SMPN 51 Bandung gelar Pentas Seni 2020 dengan tema “Melestarikan Kesenian Tradisional Agar Tidak Punah” (SPN/Asep Ruslan)

Melestarikan Kesenian Tradisional Agar Tidak Punah

SMP Negeri 51 Bandung Sukses Gelar Pentas Seni

Di Pensi ini semuanya muncul dan kelihatan sekali mana yang bakat musiknya, bakat dari gerakannya dan bakat dialognya, semuanya muncul dan sangat memuaskan sekali.

BANDUNG - Dalam rangka mengembangkan kreativitas anak-anak, SMP Negeri 51 Bandung menggelar kegiatan Pentas Seni tahun 2020 (Pensi 2020) dengan tema “Melestarikan Kesenian Tradisional Agar Tidak Punah”. Kegiatan ini digelar selama dua hari dari tanggal 8 -  9 Januari 2020 di lapangan sekolah SMP Negeri 51 Bandung.

Sisingaan salah satu jenis seni pertunjukan rakyat kabupaten Subang yang dibawakan oleh siswa kelas 9 SMPN 51 Bandung (SPN/Asep Ruslan)

Rampak Kendang sajian seni kreasi musik masyarakat Sunda dibawakan oleh siswa kelas 9 SMPN 51 Bandung (SPN/Asep Ruslan)

Kepala sekolah Drs. Agus Hidayat. M.Pd setelah membuka acara Pensi 2020, di ruang kerjanya kepada Sinarpaginews mengatakan.

“Pada hari ini ada dua kegiatan. Pertama, anak-anak melaksanakan kegiatan Pensi 2020 dalam rangka ujian praktek pelajaran Seni Budaya Keterampilan (SBK) kelas 9. Kedua, acara sisipan dari teman-teman guru karena adanya salah satu guru yang sudah pensiun ibu Lucia Peretai, S.Pd. Dan apresiasi terhadap keluarga yang meninggal dunia yaitu almarhum Bapak Drs. Juhana Badrudin, MM (guru PPKN) dan almarhum Bapak Dani Rustandi (Staf TU). Kadeudeuh dan kasih sayang agar tali silaturahmi tetap terjaga, sehingga ke dua acara ini dikemas dalam satu bentuk kegiatan yaitu Pentas Seni SMP Negeri 51 Bandung tahun 2020,” kata Agus di ruang Kepala sekolah SMPN 51 Bandung, Rabu (8/1/2020).

Kepala Sekolah Drs. Agus Hidayat. M.Pd bersama Wakasek, Guru dan Staf TU SMPN 51 Bandung dalam acara Pensi 2020 (SPN/Asep Ruslan)

“Mudah-mudahan kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, tetapi sebagai bentuk ikatan bentuk apresiasi inovasi dari siswa dan juga salah satu bentuk dorongan dari teman-teman guru terhadap siswa yang akan mengikuti ujian nasional tahun 2020,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Wakasek Bidang Kesiswaan, Hj. Tuti Sudiarti, S.Pd., M.Ds mengatakan, Pensi ini digelar dengan tiga tujuan. Pertama, untuk melestarikan dan meningkatkan rasa kecintaan anak terhadap kesenian tradisional supaya tidak punah. Kedua, untuk menyalurkan bakat dan minat anak terhadap seni dan budaya. Ketiga, untuk mengasah dan menggali potensi anak khususnya di bidang seni dan budaya.

“Kegiatan Pensi ini setiap tahun dilaksanakan, selain apresiasi untuk anak-anak kelas 7 dan 8 juga merupakan ujian praktek SBK untuk anak-anak kelas 9. Juga untuk melestarikan dan meningkatkan rasa kecintaan siswa-siswi terhadap kesenian tradisional supaya tidak punah,” tuturnya.

Simak Video Sisingaan Siswa SMPN 51 Bandung :

“Praktek seni budaya ini mencakup praktek seni pertunjukan dan seni rupa. Pentas seni ini merupakan praktek seni pertunjukan. Maka dari kegiatan Pensi ini kita bisa tahu sampai mana bakat dan kreativitas anak-anak dalam hal berkesenian, terutama seni pertunjukan. Walaupun tidak semua siswa mampu membawakan sebuah tarian tetapi setelah bergabung dalam kelompoknya, mereka bisa mengasah dan menggali potensinya sehingga bisa menampilkan yang terbaik seperti tadi ada beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh siswa-siswi per kelas. Kita sangat puas tanpa ada pelatihnya, tapi anak-anak sangat kreatif. Saya hanya mengarahkan dan meluruskan mana yang kurang bagus dalam hal gerakan itu yang saya perbaiki supaya lebih bagus dan lebih lentur,” ujar Tuti yang juga guru SBK.

Hj. Tuti Sudiarti, S.Pd., M.Ds dan Drs. Agus Hidayat. M.Pd bersama Sinarpaginews dengan background Piala kejuaran prestasi siswa-siswi SMPN 51 Bandung (SPN/Asep Ruslan)

“Alhamdulillah saya dengan Drs. Muhammad Muhtar, M.Ds selaku guru SBK sangat senang dan bersyukur dengan penampilan anak-anak. Di Pensi ini semuanya muncul dan kelihatan sekali mana yang bakat musiknya, bakat dari gerakannya dan bakat dialognya, semuanya muncul dan sangat memuaskan sekali,” pungkasnya.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor