background img
bank bjb
Rangkaian Kegiatan Pendidikan Dasar Mahatva Ke-XXV Unpad

Siswa sedang praktek Ilmu Medan Peta Kompas di kawasan Cijambu-Ciherang (SPN/Asep Ruslan)

Jujur - Berani - Patriot

Rangkaian Kegiatan Pendidikan Dasar Mahatva Ke-XXV Unpad

Diharapkan 10 orang siswa ketika menjadi anggota muda Mahatva dapat memiliki karakter yang senantiasa Jujur, Berani menghadapi resiko dan berjiwa Patriot kepada sesama mahasiswa, almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

SUMEDANG - “Assalamualaikum Wr. Wb, Selamat pagi Bapak/Ibu, perlu saya informasikan para peserta baru saja berangkat ke Medan Operasi. Mohon doanya selalu agar kami semuanya diberikan kelancaran dan keselamatan,” ujar Gita Putria Nabila sekretaris Pendidikan Dasar Mahatva Ke-XXV di Group WA yang dibuat panitia sebagai ajang komunikasi antara orangtua siswa dengan panitia, Senin (20/01/2020) pagi.

Perhimpunan Mahasiswa Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung MAHATVA adalah perhimpunan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) yang saat ini sedang melaksanakan rangkaian kegiatan Pendidikan Dasar MAHATVA Ke-XXV dalam rangka perekrutan anggota muda MAHATVA dengan tema “Jujur-Berani-Patriot”.

Dea Pratama Kartanegara (M.242.Kasuari) selaku Komandan Latihan PDM Ke-XXV kepada Sinarpaginews mengatakan.

“Alhamdulillah hari ini adalah hari ke-7 tahap Medan Operasi dan hari ke-15 dalam seluruh rangkaian PDM Ke-XXV. Sampai hari ini siswa berjumlah 10 orang dengan rincian perempuan 6 orang dan laki-laki 4 orang,” kata Dea via telpon, Sumedang, Minggu (26/01/2020).

Siswa praktek Mountaineering di Tebing Kecapi Sumedang (SPN/Asep Ruslan)

Selanjutnya Komandan Latihan PDM Ke-XXV menjelaskan, bahwa rangkaian kegiatan 7 hari kebelakang meliputi hari pertama materi Mountaineering di Tebing Kecapi Sumedang, dilanjutkan hari kedua dengan Longmarch dari Rancakalong menuju Cijambu, hari ketiga materi Ilmu Medan Peta Kompas 1 di kawasan Cijambu sampai Ciherang, hari keempat materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat Kealam Terbukaan dan Explore Search & Rescue di kawasan Ciherang, hari kelima Longmarc dengan materi Ilmu Medan Peta Kompas 2 dari Kawasan Ciherang menuju Kawasan Cipacet/Pamortilan, hari keenam materi Survival yang dilaksanakan 3 hari dari hari Sabtu pembukaan survival sampai senin penutupan survival dan Insya Allah selanjutnya hari ke sembilan Longmarch dari Kawasan Cipacet/Pamortilan menuju Gunung Manglayang dengan agenda Pengukuhan Anggota Muda Mahatva angkatan XXV dan dilanjutkan hari kesepuluh dengan agenda Pelantikan Anggota Muda Mahatva angkatan XXV di Bale Mandiri Fakultas Pertanian Unpad.

Siswa Longmarch dari Rancakalong menuju Cijambu (SPN/Asep Ruslan)

Siswa Longmarch dari Ciherang menuju Cipacet/Pamortilan (SPN/Asep Ruslan)

Menurut Dea, ketika pendaftaran bulan Oktober 2019 ada 31 orang dan jumlah pendaftar yang lulus jadi siswa ada 17 orang. Saat mengikuti materi kelas ada 13 orang dan yang lanjut tahap medan operasi tinggal 10 orang.

“Kegiatan PDM XXV adalah kegiatan pembentukan karakter calon anggota dengan tema tahun ini yang bertajuk Jujur-Berani-Patriot. Diharapkan 10 orang siswa ketika menjadi anggota muda Mahatva dapat memiliki karakter yang senantiasa Jujur, Berani menghadapi resiko dan berjiwa Patriot kepada sesama mahasiswa, almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tambahnya.

Dea Pratama bersama Sertu Ivan dan Serka Apriyanto, Tim kesehatan lapangan dari Kodam III/Siliwangi (SPN/Asep Ruslan)

“Sejauh ini saya selaku Komandan Latihan PDM XXV sekaligus sebagai Basecome di Sekretariat PMPR & PG Mahatva yang menerima laporan dari Tim Lapangan mendapatkan kabar bahwa kegiatan secara keseluruhan berjalan lancar dan siswa dalam keadaan sehat, meskipun  cuaca hujan tidak membuat semangat siswa dan pelatih surut. Antisipasi Tim Lapangan dalam menjaga kondisi siswa serta pelatih, kami berkoordinasi dengan bantuan medis Tim Padjadjaran Nursing Corps (PNC) dari Fakultas Keperawatan Unpad dan kesehatan lapangan dari Kodam III/Siliwangi. Prioritas dari pendidikan ini untuk siswa dan semua komando latihan dapat pulang dengan selamat..... Salam Lestari Mahatva,” pungkasnya.

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor