background img
bank bjb
25 Teungku Dayah di Abdya Aceh Ikut Seleksi Imam Mesjid Agung

Salah Seorang Calon Imam Sedang Mengikuti Seleksi. Foto: Yusnizar/Sinar Pagi News.

25 Teungku Dayah di Abdya Aceh Ikut Seleksi Imam Mesjid Agung

Aceh Barat Daya - 25 Teungku Dayah dan Pesantren di sembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh mengikuti seleksi Imam Mesjid Agung Kabupaten setempat Selasa (28/1/2020) di Aula Mesjid tersebut.
 
Kegiatan itu dibuka oleh Kadis Syariat Islam Abdya Ubaidillah yang mewakili Wabup Muslizar MT. Kegiatan ini juga dihadiri para camat sembilan kecamatan.
 
Ubaidillah yang membacakan sambutan Wabup pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini cukup penting, karena melalui seleksi ini akan melahirkan Imam-Imam terbaik yang nantinya diharapkan mampu menggiring kehidupan masyarakat Abdya ke arah yang lebih baik.
 
Dalam hal ini pihaknya juga mengimbau kepada para peserta seleksi calon imam masjid, agar bersainglah secara sportif. "Siapapun yang terpilih sebagai imam masjid nantinya bukanlah sebuah akhir dari seleksi belaka. Imam terpilih nantinya harus mampu membimbing dan mengayomi jamaah masjid Agung Aceh Barat Daya ini. Karena tugas dan tanggungjawab seorang imam masjid tidaklah sekedar memimpin shalat berjamaah saja,"sebutnya.
 
Kemudian katanya, selain memimpin shalat, imam masjid nantinya harus mampu mengubah kondisi sosial masyarakat berupa hal-hal yang bersifat pembentukan dan pembinaan moral-spiritual dan mampu mengarahkan serta selalu menghidupkan ruh masjid, baik pengurus maupun jamaah dengan segala aktivitasnya sesuai dengan fungsi masjid sebagai rumah ibadah dan pusat pembinaan serta pengembangan umat. 
 
Di samping itu, ia juga mengajak untuk menjaga dan pelihara Masjid Agung Aceh Barat Daya ini dengan sepenuh hati, baik dari segi kebersihan, kenyamanan, dan keamanannya. Sudah seharusnya Abdya mempunyai icon daerah. Untuk itu mari hargai dan apresiasi kinerja Pemerintah Daerah.
 
Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Abdya juga mengatakan dari 25 orang yang mendaftar, nantinya setelah seleksi dibutuhkan 15 Imam Mesjid Agung Abdya. Sementara para dewan juri yang terlibat dalam kegiatan itu adalah Imam Besar Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh Tgk Azman Ismail bersama anggotanya. (Mg7)
Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor