background img
fULL BENNER 1
SDN MKK 1 Kota Tegal Jadi Sekolah Rintisan Literasi

SDN MKK 1 Kota Tegal Jadi Sekolah Rintisan Literasi

TEGAL  - Sekolah Dasar Negeri Mangkukusuman  (SDN MKK) 1 Kota Tegal di tetapkan sebagai Sekolah Rintisan Literasi di Kota Tegal. Penetapan dilakukan melalui penandatanganan prasasti oleh Bunda Baca Kota Tegal dr. Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon Supriyono di dampingi Duta Baca Kota Tegal Dyah Pobondari Jumadi, serta disaksikan oleh Kepala Sekolah SD MKK 01 Arif Santoso dan Pegiat Literasi Kota Tegal Dr. Yuskon, Jumat (13/3).

Duta Baca Kota Tegal dr. Roro Kusnabela Erfa dalam keterangannya usai meninjau kelengkapan literasi di berbagai kelas mengatakan bahwa  ditetapkannya SDN MKK 1 Kota Tegal sebagai Sekolah Rintisan Literasi karena prestasi nya serta kelengkapan fasilitas perpustakaanya hingga adanya fasilitas pojok baca di tiap kelasnya. Atas dasar itu, dirinya berharap SDN MKK 1 nantinya dapat menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lainnya dapat untuk meniru.

"Tentu dengan di tetapkanya SDN MKK 1 menjadi sekolah rintisan literasi, para siswa dapat lebih termotivasi untuk makin mencintai literasi utamanya baca dan tulis,"ucapnya.

Terhadap aksi "Bully" yang masih terjadi di sekolah dirinya juga mengatakan dengan mendidik anak untuk makin mencintai budaya literasi, harapannya juga dapat mengurangi aksi "Bullying" yang kerap terjadi.

Pegiat Literasi Kota Tegal Dr. Yusqon mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan kali sebagai implementasi Gerakan Tegal Membaca yang sudah berjalan sejak tahun 2018. Sebelum SDN MKK 01, dikatakan Yusqon pihaknya juga sudah menetapkan SDN Sumurpanggang 2 sebagai sekolah rintisan literasi di Kecamatan Margadana. Dirinya menargetkan program tersebut kedepannya akan menyasar ke sekolah di Kecamatan Tegal Barat dan Tegal Selatan.

Yusqon kemudian mengapresiasi Bunda Baca dan Duta Baca yang selalu hadir dan bersinergi. Karena menurutnya sinergitas Pegiat Literasi dengan Bunda Baca dan Duta Baca serta sekolah sekolah akan menjadi kekuatan besar untuk terus menggerakan budaya literasi di Kota Tegal.

Adapun Arif Santoso, S.Pd. Kepala Sekolah SDN MKK 1 kemudian berharap melalui program sekolah rintisan literasi anak didiknya dapat tumbuh menjadi generasi yang mencintai baca dan tulis.(hid/ris).

Berita Lainnya
Bawah 32 Square bawah bawah 34 Square samping 3