background img
Apa itu Wabah, Epidemi dan Pandemi COVID-19?

Mahasiswa STIKes DHB Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Dosen (Foto: Asep Ruslan)

Apa itu Wabah, Epidemi dan Pandemi COVID-19?

BANDUNG - World Health Organization (WHO) yang didirikan oleh PBB pada 7 April 1948, adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Pada Rabu (11/3/2020) malam waktu Jenewa dalam konferensi pers, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus (menjabat sejak 1 Juli 2017) telah menyatakan wabah COVID-19 atau Virus Corona (SARS CoV-2) dikategorikan sebagai Pandemi Global.

Dengan status ini, WHO meminta seluruh negara meningkatkan respon darurat terhadap COVID-19. "Saya mengingatkan semua negara bahwa WHO meminta Anda untuk mengaktifkan dan meningkatkan mekanisme respons darurat," kata Tedros Adhanom.

Penyebaran Virus Corona COVID-19 di 199 negara termasuk Indonesia (Foto: BNPB)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat, hingga Jumat (27/3/2020) Pukul 00.00 Wib, jumlah kasus penyakit ini mencapai angka 465.915 orang, kematian 21.031 orang yang tersebar di 199 negara. Untuk Indonesia, Jumat (27/3/2020) Pukul 12.00 Wib, total positif COVID-19 sebanyak 1.046 kasus, 46 orang sembuh dan 87 meninggal dunia.

Selain istilah Pandemi, ada sebutan lain yang kerap dihubungkan dengan COVID-19 ini seperti Epidemi dan Wabah. Lantas, apa itu Wabah, Epidemi dan Pandemi?

Istilah-istilah ini tentu tidak dipahami secara detail oleh publik. Untuk itu, pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) selama Pandemi COVID-19. Mata kuliah Epidemiologi Bencana dan Dampaknya Terhadap Kesehatan, STIKes Dharma Husada Bandung (DHB), Prodi Kesehatan Masyarakat, Peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling), dengan materi “Wabah, Epidemi dan Pandemi COVID-19" dengan merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akan dijelaskan pengertian dan perbedaan dari ketiga istilah tersebut.

1. Wabah

Kata wabah dalam KBBI berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (contohnya seperti wabah cacar, disentri, kolera). Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya.

Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui, dan penyakit tersebut adalah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah itu.

2. Epidemi

Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.

Pengertian lain epidemi itu wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas. Sebut saja Virus Corona COVID-19 yang awalnya menyebar di kota Wuhan negara China, sehingga dapat diartikan bahwa wabah di Wuhan telah berkembang menjadi epidemi. 

Epidemi adalah istilah secara luas digunakan untuk menggambarkan setiap permasalahan yang telah tumbuh di luar kendali.

Epidemi didefinisikan sebagai wabah dari suatu penyakit yang terjadi lebih luas, wilayah geografis yang sangat tinggi dan memengaruhi proporsi penduduk.

3. Pandemi

Istilah pandemi menurut KBBI dimaknai sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas. Atau dalam pengertian yang paling klasik, ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah dunia.

Pandemi merupakan epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang sangat luas secara geografis, mencakup lintas benua atau global.

Pandemi ditetapkan apabila memenuhi 3 kondisi : 1). Munculnya penyakit baru dan orang-orang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut. 2). Menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit berbahaya. 3). Penyakit tersebut dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan antar-manusia.

Wabah penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. Jadi, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, tetap digolongkan sebagai pandemi.

Contohnya wabah Virus COVID-19 dikategorikan sebagai "Pandemi Global" karena virus tersebut telah menyebar begitu cepat dan luas ke seluruh dunia hingga ke wilayah yang jauh dari pusat wabah yaitu kota Wuhan, China sejak Desember 2019.

Perlu diketahui, COVID-19 bukanlah pandemi pertama, di tahun 2009 WHO juga menetapkan kasus H1N1 atau "Flu Babi" sebagai pandemi.

Pada Jumat (13/3/2020), Presiden Joko Widodo meneken Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Letjen TNI Doni Monardo.

Gugus Tugas ini bertujuan : 1). Meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan; 2). Mempercepat penanganan COVID-19 melalui sinergi antar kementerian/ lembaga dan pemerintah daerah; 3). Meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran COVID-19; 4). Meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional; 5). Meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons terhadap COVID-19.

Pemerintah melalui Kepala BNPB Pusat telah menyatakan status penyakit COVID-19 menjadi tahap Tanggap Darurat pada tanggal 17 Maret 2020, berlaku selama 91 hari terhitung sejak 29 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.

Simak Video Berikut Ini :

Halo #SahabatTangguh, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bapak Letjen TNI Doni Monardo mengajak masyarakat di seluruh tanah air untuk bersatu dan berpartisipasi dalam melakukan upaya pencegahan penularan COPID-19, seperti : Menjaga jarak ketika bertemu, Menghindari kerumunan, Melakukan aktivitas di rumah, Serta mencuci tangan dengan sabun.

Saatnya kita bersatu, saling mendukung, saling menjaga untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. Mari bersama-sama kita tingkatkan upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari Covid-19. #Salam tangguh #Salam Kemanusiaan.

Keterangan :

H. Asep Ruslan MS, S.Hut - Dosen STIKes Dharma Husada Bandung

Berita Lainnya
pemda brebes Pemda Brebes 2 Pemda Brebes 3 Pemda Brebes 4
Square bawah 5 Square bawah 6 Square bawah 7 Square bawah 8
Bawah 34 SMK pa Asep Bawah 34 Pemda Sukabumi