background img
bank bjb 1
Sepasang Rusa Totol Kado Spesial Dishut Jabar HUT 17th Universitas Kuningan

Setepen dan Setepi, sepasang rusa totol hibah dari Dishut Jabar (Foto: Asep Ruslan)

Sepasang Rusa Totol Kado Spesial Dishut Jabar HUT 17th Universitas Kuningan

KUNINGAN, SINARPAGINEWS - Menginjak usia 17 tahun Universitas Kuningan (UNIKU), terus memperbaiki diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Pada usia muda tersebut, UNIKU telah mendapatkan akreditasi B dan akreditasi rata-rata Program Studi (Prodi) adalah B, bahkan ada 2 Prodi dengan akreditasi A.

Berbagai prestasi telah diukir, bahkan di HUT UNIKU telah terpilih pada posisi 17 besar daftar universitas terpopuler di Jawa Barat versi 4ICU.org. Ukiran-ukiran prestasi bukan diraih dengan cuma-Cuma, tentunya hasil kerja keras dan kerja sama seluruh civitas akademica UNIKU sinergitas dengan pemerintah dan masyarakat.

Adalah Setepen dan Setepi, nama sepasang rusa totol (Sumbu sumbu) yang hadir tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) UNIKU ke-17 tahun, Sabtu (6/6/2020).

Setepen adalah rusa jantan dan Setepi rusa betina. Rusa tersebut hibah dari Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat (Dishut Jabar) melalui Kantor Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII yang ada di Kabupaten Kuningan.

Sepasang rusa totol kado spesial HUT UNIKU ke-17 tahun (Foto: Asep Ruslan)

Rusa tersebut ditempatkan di kandang terbuka tepat didepan gedung Fakultas Kehutanan. Berdasarkan studi kelayakan, terkait kebutuhan sumberdaya rusa, tempat tersebut sudah layak dan mampu mendukung kebutuhan rusa.

Dekan Fakultas Kehutanan UNIKU, Dr. Toto Supartono, S.Hut, M.Si merasa bersyukur dan gembira atas hibah sepasang rusa totol dari Dishut Jabar tersebut.

“Kami segenap Civitas Academika Universitas Kuningan (UNIKU) khususnya Fakultas Kehutanan (Fahutan) UNIKU sangat bersyukur dan merasa gembira adanya hibah sepasang rusa totol dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat (Dishut Jabar) melalui Kantor Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII Kabupaten Kuningan, ini adalah kado spesial di HUT UNIKU yang ke-17 tahun. Ini menandakan Dishut Jabar percaya kepada UNIKU untuk memelihara rusa tersebut,” kata Toto saat dikonfirmasi Sinarpaginews atas keberadaan sepasang rusa totol di Kampus UNIKU, Sabtu (6/6/2020).

Toto yakin, dari sepasang rusa ini, akan menghasilkan banyak judul penelitian dan publikasi yang pada akhirnya diharapkan dapat bermanfaat bagi pelestarian satwa liar. 

“Bagi kami di Fahutan UNIKU, keberadaan sepasang rusa totol tersebut dapat dijadikan sebagai sarana praktek mata kuliah yang terkait dengan pengelolaan satwa dan penelitian, baik penelitian oleh mahasiswa tingkat akhir maupun oleh dosen,” tambahnya.

 

Dekan Fakultas Kehutanan UNIKU, Dr. Toto Supartono, S.Hut, M.Si (Foto: Asep Ruslan)

Selain itu, rusa yang aslinya berasal dari India dan Srilanka ini, menurut Toto akan menjadi objek yang sangat menarik bagi masyarakat di kabupaten Kuningan. Sebab, bila sebelumnya ketika kita ingin melihat rusa totol, maka harus datang ke Istana  Bogor. Sekarang dengan datang ke Kampus UNIKU, kita sudah bisa melihat rusa jenis tersebut.

“Sekali lagi, kami sangat berharap bahwa keberadaan rusa tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi pengembangan ilmu konservasi dan kami akan berpartisipasi dalam memeliharanya. Terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rusa totol bukan termasuk satwa dilindungi dengan status IUCN Least Consern (LC). Sementara itu status kepemilikan di kampus UNIKU adalah hibah, dengan persyaratan daya dukung mencukupi. Masalah dari aspek legalitas dan ekologi tidak bermasalah. Rusa ini akan dimanfaatkan sebagai objek edutourisme, yaitu sebagai objek pembelajaran di Fakultas Kehutanan dan objek pendidikan melalui kegiatan rekreasi.

Selamat Ulang Tahun UNIKU, Jaya dan Jayalah selalu...!!!

Berita Lainnya
Iklan brebes pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4
Covid Internasiona;